Technology Trends

Swift by Sirclo Mengakselerasi Omnichannel Digital

Brian Marshal, Founder dan CEO Sirclo.

Sirclo terus melakukan diversifikasi dan memperluas jangkauan layanan untuk memenuhi kebutuhan pasar yang kian dinamis. Perusahaan rintisab e-commerce enabler yang berdiri sejak 2013 ini memiliki satu misi utama, yaitu membantu brand-brand di Indonesia untuk berjualan secara online.

Mengusung tema #InspireTheFuture, Sirclo merayakan HUT ke-7, berpegangan pada lima nilai utama perusahaan, yaitu: Inspirasi, Dampak, Peluang, Evolusi, dan Inovasi.

“Selama tujuh tahun, kami telah membantu 10.000 brand Indonesia untuk mendekatkan diri pada konsumen. Kesuksesan terbesar bagi kami adalah ketika melihat kemajuan pesat yang dicapai oleh klien. Kini, di tengah pandemi, kami merasa tanggung jawab untuk membantu para brand berjualan di platform online semakin besar,” kata Brian Marshal, Founder dan CEO Sirclo.

Mengutip riset Ada Internet, selama pandemi, penggunaan aplikasi belanja online meningkat pesat hingga 300%. Brand-brand yang sebelumnya mengandalkan penjualan di toko, kini harus dengan cepat beralih ke platform online untuk bisa mempertahankan performa bisnis dan terus menjalin interaksi dengan konsumen mereka.

Bertepatan dengan fenomena ini, pada bulan Juni 2020, Sirclo pun melakukan aksi merger dengan Incube, sebuah agensi penyedia solusi teknologi e-commerce yang telah berdiri sejak dua dekade lalu.

Aksi merger ini bertujuan untuk menyatukan kekuatan dari Sirclo dan Incube, untuk membantu lebih banyak UMKM dan brand yang membutuhkan transformasi digital dengan solusi omnichannel (model penjualan lintas jalur) yang efektif.

Incube merupakan salah satu Magento Premier Solutions Partner, platform e-commerce open source yang dapat membantu pemilik bisnis onlinemenjalankan operasional penjualan dengan efektif dan efisien.

Merespons tingginya kebutuhan pasar terhadap pembuatan kanal penjualan online yang canggih, melalui Incube, Sirclo memperkenalkan produk bernama Swift, sebuah layanan teknologi untuk memenuhi kebutuhan e-commerce secara omnichannel. Swift by Sirclo merupakan platform-as-a-service (PAAS) yang menangani tiga komponen esensial untuk penggunanya, yakni software, infrastruktur teknologi, dan personalisasi website.

Dirancang khusus bagi bisnis berskala menengah, Swift by Sirclo merupakan platform satu-untuk-semua, yang memudahkan brand untuk menjalankan semua kegiatan jual-beli online, menawarkan pengalaman belanja yang lebih baik bagi para konsumen, hingga menyediakan fitur penjualan lengkap yang telah terintegrasi dengan pihak ketiga.

“Seperti namanya, Swift, platform ini dapat mengakselerasi perkembangan bisnis omnichannel digital untuk setiap brand. Hanya dalam waktu empat minggu, kini setiap brand dapat menjalankan platform e-commerce mereka dengan dukungan lebih dari 20 metode pembayaran dan 30 mitra logistik yang siap digunakan. Swift merupakan salah satu cara kami untuk mengubah tantangan di masa pandemi ini menjadi kesempatan yang baik bagi para klien Sirclo,” kata Muliadi Jeo, Founder Incube dan kini Chief Technology Officer Sirclo.

Layanan Swift by Sirclo mengintegrasikan berbagai elemen dalam ekosistem bisnis ritel. Misalnya, dengan fitur customer loyalty, brand bisa memberikan reward pada konsumen secara konsisten, di manapun konsumen melakukan pembelian.

Dengan produk Swift Omnichannel, kini sistem penjualan online dan offline klien dapat terhubung secara seamless, salah satunya dengan fitur POS (Point of Sales) maupun membership yang terintegrasi, sehingga meningkatkan kepuasan pengalaman berbelanja konsumen.

Selain itu, Sirclo melihat adanya pergeseran pola tingkah laku konsumen ketika berbelanja online, dimana mereka kini pelan-pelan beralih ke smartphone untuk melakukan pembelian.

Untuk menjawab tingginya kebutuhan terhadap mobile-friendly website, platform Swift by Sirclo pun menggunakan teknologi terkini seperti Progressive Web Appsdan Native Mobile Apps.

Hingga kini, lebih dari 30 brand ternama di Indonesia telah merasakan manfaat canggih platform omnichannel SWIFT. Misalnya, untuk supermarket online khusus bahan bangunan, Mitra10, ICUBE by Sirclo menggunakan teknologi SWIFT untuk membuat website lengkap yang disertai dengan informasi stok produk di setiap toko, sehingga pembeli bisa langsung memilih toko mana yang dapat mereka kunjungi.

Sementara itu, Hush Puppies membutuhkan website e-commerce dalam jangka waktu yang pendek. Berkat teknologi Magento dan SWIFT, ICUBE by Sirclo berhasil meluncurkan website Hush Puppies di dua negara, Indonesia, dan Singapura, hanya dalam waktu kurang dari delapan minggu.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved