T-Cash dan Rumah Zakat Luncurkan Fitur Donasi Digital

Berubahnya perilaku masyarakat akibat dari perkembangan teknologi dan penggunaan ponsel di Indonesia yang mencapai 67% dari jumlah populasi, menjadi faktor pendorong Tcash melakukan kerja sama strategis dengan rumah Zakat untuk menyediakan fitur donasi digital (7/4/2018).

Donasi secara digital lewat fitur Tcash bisa digunakan dalam dua cara, yakni melalui kode akses dan Scan QR Code yang telah tersedia  di lebih dari 100 Masjid di wilayah Bandung, Jakarta, dan Purwokerto. “Layanan ini untuk mempermudah donasi sekaligus mendorong gaya hidup non-tunai, kami menghadirkan fitur ini sejak tahun lalu. Hingga kini, telah ada ratusan ribu masyarakat yang menggunakan fitur ini untuk menyalurkan dana mereka,” ujar Danu Wicaksana, CEO Tcash

Sementara itu, Nur Efendi, CEO Rumah Zakat, mengatakan, lembaga pimpinannya menyadari pentingnya inovasi dan kolaborasi untuk mendorong masyarakat Indonesia agar lebih banyak berbagi. “Melihat tren donasi di Rumah Zakat yang didominasi oleh transaksi online hingga mencapai 70%, maka kami melanjutkan kerjasama dengan Tcash melalui fitur donasi digitalnya. Semoga dengan ini kami dapat membantu lebih banyak masyarakat pra-sejahtera di 191 kota/kabupaten di pelosok Indonesia,” kata Efendi.

Untuk menggunakan fitur Scan QR Code, masyarakat hanya perlu memindai QR Code yang tertera pada kotak infaq di Masjid-Masjid tertentu dan menentukan besaran donasi. Selain itu, masyarakat juga memiliki pilihan menggunakan kode akses *800*01# untuk memilih program donasi yang diinginkan, dimulai dari zakat, infaq, qurban, beasiswa, siaga bencana, hingga program insidental kemanusiaan.

Adapun program kolaborasi lainnya adalah infaq qurban, bantuan pangan Suku Asmat, inisiatif kotak Superinfaq yang telah tersebar di sekitar 15.000 titik dengan dengan metode Scan QR Code. “Untuk menyambut bulan Ramadhan kami juga memiliki program Ramadhan Berdaya, yang fokusnya adalah program Berbagi Buka Puasa, Kado Lebaran Yatim, dan Bingkisan Lebaran Keluarga,” ujarnya menambahkan.

Danu optimis fitur donasi digital Tcash dapat menjadi salah satu metode donasi yang potensial bagi Rumah Zakat, khususnya dengan lebih dari 20 juta pelanggan yang dimiliki seluruh Indonesia. “Program ini sejalan dengan kami untuk  memberdayakan masyarakat di daerah pelosok, melalui dukungan inovasi perkembangan teknologi,” kata Danu.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!