Tahapan BCA Tetap Fokuskan pada Pelayanan Nasabah Bisnis

PT Bank Central Asia. Tbk memperoleh market share sebesar 17,5 persen untuk kategori dana tabungan. Angka ini membuat BCA menjadi bank swasta dengan market share terbesar pada tahun 2015. Hal tersebut dicapai dengan menggaet 13,5 juta rekening dana tahapan. Produk Tahapan BCA belum lama baru-baru ini berhasil meraih penghargaan Indonesian Platinum Brands 2016 dalam gelaran Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2016 yang diselenggarakan oleh Majalah SWA bekerja sama dengan lembaga riset Mars. Penghargaan tersebut didapatkan melalui survei yang dilakukan di 7 kota besar di Indonesia dengan total responden 2635, dengan status ekonomi ABCDE, pada periode Maret-Mei 2016.

Manager Produk Dana Bank BCA, Ray Indrawan Gani, mengatakan jumlah nasabah didominasi 70 persen dari kalangan bisnis. Menurutnya, nasabah bisnis memerlukan dana berlebih terutama saat menghadapi masa-masa sulit. Oleh karena itu, mereka memerlukan cadangan pendanaan.

IMG_7692

“Sejak awal berdiri, BCA memang memfokuskan pada nasabah bisnis. Bisa dilihat pertama kali BCA buka cabang itu di kawasan Asemka,” jelas Ray kepada SWA Online.

Nasabah bisnis, lanjut Ray, memerlukan kemudahan dalam bertransaksi. Dengan kesibukan yang mereka miliki, mereka menginkan transaksi dapat dilangsungkan dengan mudah dan aman. Hal tersebut yang membuat BCA berfokus pada kemudahan transaksi sehari-hari.

Adapun terkait inovasi produk, Ray mengatakan sejak 2011 telah diluncurkan beberapa produk baru diantaranya Tahapan Gold, Tahapan Xpresiku, dan Tahapan Berjangka. Tiga produk tersebut diluncurkan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Saat ini, BCA berusaha mengupayakan trend mulai dari nasabah memiliki buku, kartu, hingga akhirnya akun di internet.

“Kita harus terus berdaptasi dengan perkembangan zaman. Namun semuanya kan ada aturan. Jadi, kita harus tetap comply dengan pemerintah,” ucapnya.

Terkait kegiatan promosi, saat ini program undian tahapan BCA, menurut Ray sudah kurang efektif. Program tersebut saat ini digantikan dengan hadiah langsung yang lebih banyak diminati nasabahnya. Pemilik kode emiten BBCA saat ini membukukan 14 juta transaksi per harinya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)