Tambah Kapasitas, PLN Genjot SDM

Konsumsi listrik suatu negara dapat menjadi tolak ukur kemajuan negara tersebut. Indonesia sendiri dari tahun ke tahunj memang mengalami kenaikan jumlah konsumsi listrik. Sayangnya, jika dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya, jumlah konsumsi listrik per kapita Indonesia masih tergolong rendah. Bahkan Jika dibandingkan dengan Vietnam, saat ini Indonesia sudah mulai tertinggal.

pln

Menyikapi hal tersebut, PLN memang mencanangkan penambahan kapasitas listrik sebanyak 35.000 Kwh dalam 5 tahun ke depan. Dengan adanya penambahan ini, PLN berharap kapasitas kebutuhan listrik di Indonesia dapat dipenuhi. Selain itu, langkah ini juga bertujuan untuk mengejar ketertinggalan konsumsi listrik.

Tentu saja untuk mencapai hal tersebut bukanlah hal yang mudah. Beberapa tantangan dihadapi oleh PLN, salah satunya adalah masalah pembebasan lahan. Pembebasan ini digunakan untuk pembangunan transmisi pasokan listrik untuk wilayah Sumatera.

“Tantangan yang kami hadapi memang lebih pada kompleksitas pembebasan tanah untuk pembangunan transmiter di daerah Lampung. Namun saat ini, progresnya bisa dibilang sudah bagus. Hingga saat ini kami sudah dapat sekitar 30%. jadi kami bisa menargetkan selesai dalam 5 tahun ke depan. Dan 6 bulan sebelum pembangkit dioperasikan, transmiter sudah harus siap. Kalau tidak semua akan sia sia,” ujar Muhamad Ali, Direktur SDM PLN (Persero).

Tidak hanya itu, dalam mempersiapkan penambahan pasokan listrik, PLN juga menaruh perhatian pada human capital. Salah satu bagian yang mendapatkan perhatian lebih adalah marketing. Tujuannya  untuk memastikan bahwa kapastias listrik yang sudah dibangun terdistribusi di sekuruh bagian sehingga berpengaruh pada bisnis PLN.

“Kami harus berupaya supaya 35.000 Kwh listrik ini nantinya bisa terjual. Karena jika tidak ya sia sia. Maka dari itu, kami mempersiapkan SDM kami terutama di bidang marketing, sehingga pada tahun 2017 hingga 2018 nanti semuanya sudah siap,” papar Ali menutup pembicaraan.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)