TaniHub Ekspor 14,5 Ton Semangka ke UEA

TaniHub Group mengekspor semangka sebanyak 14,5 ton ke Uni Emirat Arab (UAE). Hasil pertanian tersebut berasal dari petani binaan perusahaan yang berada di Lampung. Perusahaan ini memperkirakan adanya potensi permintaan yang berkelanjutan dari pasar UEA yang diprediksi mencapai 156 ton per bulannya.

“Ekosistem digital yang dibangun TaniHub Group memungkinan petani lokal bisa mendapatkan berbagai akses, yaitu permodalan yang mudah, pemasaran yang luas, dan ilmu pengetahuan serta informasi untuk bisa meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan mereka,” kata Pamitra Wineka, CEO TaniHub Group.

Selain UEA, perusahaan juga sedang melakukan perluasan akses ekspor ke negara Singapura, Taiwan, Korea Selatan, dan Malaysia dengan kapasitas 1.000 ton per bulannya dan nilai ekspor mencapai Rp15,31 miliar pada 2021.

Adapun buah-buahan yang rencananya dikirim meliputi nanas, pisang, mangga, dan jeruk. “Kami berharap pertumbuhan ekspor dapat mencapai sekitar 10% sampai 20% per tahunnya,” kata dia berharap.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor hasil pertanian Indonesia mencapai US$390 juta per Maret 2021, meningkat sebesar 25,04% dibandingkan bulan yang sama pada tahun 2020. Nilai ekspor pertanian tersebut menyumbang sebesar 2,15% terhadap total ekspor Indonesia per Maret 2021 yang mencapai US$18,35 miliar.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)