TaniHub Gandeng Kemenkop & UKM Wujudkan Digitalisasi dan Korporatisasi Pertanian

Grup TaniHub, agritech startup terbesar di Indonesia berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM  RI untuk memajukan pertanian di Tanah Air. Kedua pihak memiliki semangat yang sama, yakni digitalisasi dan korporatisasi pertanian Indonesia.

Kerja sama ini melalui pengiriman perdana mangga, bawang merah, dan bawang putih yang berasal dari dua koperasi dan satu kelompok tani binaan Kementerian Koperasi (Kemnkop) & UKM kepada Grup TaniHub Group.

Seremoni yang dilakukan di Packing and Processing Center (PPC) TaniHub di Malang ini disaksikan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Menurutnya, kondisi petani dan sistem pertanian Indonesia sangat berbeda dengan situasi yang lebih maju di luar negeri, seperti Belanda, Australia, dan Selandia Baru yang para petaninya telah terlembagakan melalui koperasi petani. Di Indonesia, kata Teten, para petani masih bekerja secara perorangan dengan skala lahan yang kecil.

“Jika petani dapat bergabung dalam satu kelembagaan seperti koperasi, maka koperasi tersebut dapat langsung berhubungan market. Dengan begitu, petani dapat lebih fokus meningkatkan produksinya dan menghasilkan produk yang unggul, karena pemasaran dan pengolahan produk sudah dilakukan oleh koperasi petani,” kata Teten.

Kemenkop & UKM mendukung dimulainya pilot project untuk model bisnis korporatisasi pertanian dengan TaniHub. Dalam model tersebut, para petani binaan dan UKM yang tergabung dalam koperasi petani dapat memasarkan produknya melalui TaniHub, serta mendapatkan pembiayaan dari platform peer-to-peer lending TaniFund, dan didukung oleh Lembaga Pengelola Dana Bergulir di bawah pengawasan kementerian tersebut.

Teten berharap, model bisnis dapat menjadi percontohan “corporate farming” yang melibatkan petani, koperasi, dan juga offtaker-nya, didukung oleh sistem pembiayaan yang memungkinkan para petani menjadi lebih bankable dan accessible terhadap industri keuangan formal.

“Dengan model bisnis ini, kami lebih optimistis. Koperasi-koperasi petani kita dorong untuk bekerja sama dengan TaniHub supaya tidak pusing lagi melakukan pemasaran,” ujar Teten.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)