Tanpa APBD dan APBN, BUMN Bersinergi Garap Sirkuit Mandalika

Ilustrasi Sirkuit Mandalika Lombok NTB (Foto: Dok. MGPA).

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) keroyokan dalam menggarap proyek Mandalika International Street Circuit di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Untuk kesekian kali sinergi BUMN membuahkan hasil positif.

Adalah PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC) selaku pemilik Sirkuit Mandalika, sedangkan anak usaha ITDC, yakni Mandalika Grand Prix Association (MGPA) yang mengurusi kontrak ajang balapan di Sirkuit Mandalika bersama Dorna Sports.

Kepala Divisi Operasional Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Dyan Dilato mengatakan, Sirkuit Mandalika dibangun dengan dana komersial dari ITDC. Ia memastikan tidak ada bantuan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Ini satu-satunya sirkuit yang tidak ada APBD apalagi APBN, murni komersial dari ITDC. Jadi, yang membangun Sirkuit Mandalika itu ITDC, sedangkan MGPA yang punya kontrak dengan Dorna Sports,"  kata Dyan saat dijumpai di Sirkuit Mandalika, akhir pekan lalu.

Dyan menjelaskan, kontribusi BUMN di Sirkuit Mandalika terlihat dari fasilitas kredit sindikasi yang dikucurkan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) kepada ITDC sebesar Rp 550 miliar.

Himbara memberikan fasilitas kredit sindikasi berupa kredit investasi pembangunan pembangunan jalan kawasan khusus (JKK) atau street circuit dengan limit Rp 400 miliar, kredit modal kerja untuk persiapan penyelenggaraan World Superbike (WSBK) dan MotoGP dengan limit mencapai Rp 150 miliar, serta fasilitas non cash loan atau SBLC dengan limit hingga 14,6 juta euro.

"Jadi, yang membiayai (Sirkuit Mandalika) ini adalah BUMN semuanya. Kreditnya dari Himbara, para direksi sejumlah bank tersebut sudah mengetahui prospek ke depan Sirkuit Mandalika, bagaimana bisnis ini sangat menjanjikan dan memiliki multiplier effect ke berbagai sektor," ujar Dyan.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)