Tarif Lebih Murah, BI Ajak Masyarakat Beralih ke Kartu Debit GPN


Kepala Pusat Program Transformasi Bank Indonesia, Onny Widjanarko, menghimbau, masyarakat agar mulai beralih menggunakan kartu debit berlogo gerbang pembayaran nasional (GPN) mulai 1 Januari 2018 mendatang. Dengan kartu debit GPN ini akan memudahkan masyarakat untuk bertransaksi karena fee atau biaya transaksi akan lebih murah.

Onny menambahkan, kartu debit GPN tersebut bisa didapatkan dengan menukarkan di masing-masing bank. "Masyarakat bisa mulai menukarnya di bank karena bank akan mulai mencetak kartu debit dengan logo GPN mulai Januari 2018," ujar Onny, kepada wartawan, Selasa (5/12/2017).

Nantinya ketika menukar kartu debit dengan yang mempunyai logo GPN nasabah akan diberikan dua pilihan tergantung masing-masing bank. Dua pilihan ini adalah kartu debit berlogo GPN saja atau yang berlogo prinsipal asing. Karena debit logo GPN tidak boleh memiliki logo prinsipal asing. Jika nasabah ingin menggunakan logo prinsipal asing, maka harus membuat kartu terpisah diluar GPN.

Namun sayangnya, menurut Onny, belum semua bank bisa menerapkan ini. Karena ada beberapa bank yang menerapkan satu kartu untuk satu tabungan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)