TarraSmart, TV & Radio Online Karya Anak Bangsa

TarraSmart (Transformation Radio for LifeSmart) adalah sebuah aplikasi radio dan televisi online berbasis web dan Android hasil kreasi Cristianto Rian. Pria lulusan STMIK Dipanegara Makassar ini membangun aplikasi TarraSmart sekitar tahun 2013 saat dirinya menyelesaikan skripsi. Durasi yang cukup lama untuk pencarian channel radio melalui search engine menjadi trigger awal ia memutuskan untuk menciptakan aplikasi TarraSmart.

CEO TarraSmart, Cristianto Rian.

Aplikasi direktori radio online ini dapat diakses dengan mudah melalui domain TarraSmart.com. Aplikasi ini semula hanya diperuntukan dirinya sendiri, ketertarikannya pada bisnis inilah yang memberikan semangat untuk mengembangkan TarraSamart. Cristianto pernah mencoba peruntungan kariernya sebagai marketing PT BNI Life Insurance dan berhasil menjual polis asuransi berkat mengiklankan di Tarrasmart.com. Hal inipun terjadi kembali, TarraSmart digunakan sebagai media iklan lagi saat dia bekerja sebagai marketing mobil dan berhasil mendapat 4 customer. “Akhirnya, di tahun 2015 saya mendapatkan pengiklan di TarraSmart yang ingin mengiklankan 2 produk selama 2 minggu sebesar Rp 75.000. Padahal waktu itu saya tidak pernah melakukan pengembangan dan promosi terhadap aplikasi ini,” ungkapnya.

Momen ini yang membuka ketertarikannya untuk mengembangkan TarraSmart dan memilih berhenti dari pekerjaannya sebagai marketing. Tahun 2016, ia mengembangkan bisnis TarraSmart dan mengembangkan lebih jauh lagi layanan TV on demand pada TarraSmart. Kesuksesan TarraSmart ditandai juga dengan berhasilnya menjadi delegasi Indonesia di Startup Istanbul Conference 2016, Turki, dibantu Bekraf. TarraSmart juga berhasil masuk ke dalam IDX Incubator (Inkubator Bursa Efek Indonesia) dan berhasil mendapatkan pendanaan melalui Inkubasi Bisnis Teknologi (IBT) 2017 yang diadakan Kemenristek tahun 2017.

Di Startup Istanbul Conference 2016 Turki, TarraSmart belajar tentang bisnis digital dna networking dengan pengusaha internasional yang memiliki bisnis sejenis. “Saya banyak belajar dari mereka bagaimana mengembangkan bisnis media digital. Beberapa investor sangat tertarik untuk melakukan investasi di TarraSmart. Ini menjadi kesempatan TarraSmart untuk memilih investor terbaik yang ingin bersama TarraSmart,” ceritanya. Bagi Cristianto, TarraSmart menjadi model bisnis Media TV & Radio tanpa memiliki satu pun stasiun penyiaran.

Model bisnis TarraSmart adalah B2B dengan membidik pengiklan dengan menyediakan jasa untuk pihak stasiun radio untuk mendapatkan banyak pendengar. Menurut Cristianto, kedepannya TarraSmart juga akan membuat konsep bisnis B2C agar pengguna dapat membeli layanan premium yang ditawarkan. “Target ini akan kita wujudkan setelah TarraSmart berhasil menembus 1 juta pengguna,” tambahnya. TarraSmart juga memberikan layanan TV free to air yang ada di Indonesia untuk bisa dinikmati dalam satu aplikasi.

Berbicara mengenai strategi pemasarannya, saat ini 65% TarraSmart menggunakan cara word of mouth dan hal itulah yang menjadikan TarraSmart memiliki pengguna setia hingga saat ini. Sisanya, 45% menggunakan digital marketing untuk menjangkau pasar yang Indonesia Timur. “Cikal bakal TarraSmart berasal dari Makassar. Karena itu kami lebih leluasa menjangkau pasar Indonesia Timur dibanding pemain lainnya,” ujarnya. Potensi pasar yang sangat besar dengan market share yang belum banyak dijangkau memberikan semangat bagi pengembangan TarraSmart. “ada 8 juta diaspora Indonesia yang tinggal diluar negeri, mereka akan homesick dengan kampung halamannya dan TarraSmart menjadi pilihan untuk mengetahui apa yang terjadi di negaranya,” ujar Cristianto.

Penetrasi internet di Indonesia yang akan semakin baik infrastrukturnya juga menjadi potensi besar bisnis aplikasi TarraSmart begitu menjanjikan. Lewat TarraSmart juga akan memberikan peluang bisnis lain untuk dapat memasarkan iklannya sesuai target mereka. “Kerjasama dengan stasiun TV dan radio di Indonesia akan lebih dikembangkan lagi. Kami akan menjalin mitra kerja yang dapat saling menguntungkan antara keduanya. TarraSmart juga berencana mengembangkan e-magazine sehingga costumer dapat berlangganan melalui TarraSmart. Pembangunan server TarraSmart juga akan dilakukan untuk pengembangan-pengembangan lainnya ke depan,” ungkapnya.

Saat ini TarraSmart dapat diakses pada sistem Android dan memperlihatkan perkembangan kinerja yang memuaskan. Tantangan tak pelak menghapiri Cristianto dan tim, salah satunya mengenai sumber daya manusia. Cristianto berusaha menyiapkan SDM terbaik bagi usaha ini dengan senantiasa memberikan pelatihan dari tutor profesional di bidangnya. “Target kedepan, TarraSmart ingin dapat mencapai 1 juta pengguna di Indonesia dan melakukan ekspansi ke Asia Tenggara dalam jangka waktu 3-5 tahun kedepan,” imbuhnya.

Reportase: Jeihan Kahfi Barlian

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)