6 Langkah Bos Baru Facebook Indonesia Kembangkan Bisnis Pengguna

Memiliki pengalaman selama hampir 20 tahun dalam pemasaran produk konsumen di Asia, Facebook menunjuk Sri Widowati sebagai Head of Facebook Indonesia. Sebagai pimpinan Facebook Indonesia yang baru, perempuan yang akrab dipanggil Wido ini diberi beberapa target oleh petinggi Facebook.

Beberapa tugas itu antara lain membantu mengembangkan bisnis dan menjangkau lebih dari 88 juta pengguna Facebook di Indonesia. Baik itu dalam hal membangun brand, menghasilkan permintaan, maupun mendorong penjualan, tim Facebook Indonesia yang terus berkembang di Jakarta berfokus untuk membantu bisnis agar berkembang melalui kampanye terintegrasi di TV dan Facebook .

Facebook bekerja sama dengan banyak pihak, termasuk agensi, UKM, mitra Facebook, institusi pemerintah masih banyak lagi sebagai bagian dari usaha Facebook Indonesia untuk menghubungkan pengguna ke pengguna lain dan hal yang penting bagi mereka.

facebook

“Studi yang diadakan oleh Facebook membuktikan bahwa 44% orang Indonesia di Facebook pertama kali tahu mengenai suatu produk atau layanan tertentu di platform Facebook itu sendiri. Selain itu, terdapat 39% orang Indonesia secara aktif mencari informasi di Facebook dan 24% lainnya memberikan pertanyaan dan menerima rekomendasi di Facebook. Kami menyadari adanya potensi besar bagi bisnis untuk menjangkau konsumen di dalam dan luar negeri melalui mobile,” ujar mantan Vice President dan Head of Garnier International Marketing and Development untuk ASEAN ini.

Indonesia telah memimpin evolusi “mobile-first” di wilayah Asia Pasifik di mana masyarakatnya sudah mulai beralih dari desktop ke mobile. Sebanyak 9 dari 10 orang yang menggunakan Facebook, juga mengakses Facebook di mobile. Di Indonesia, sekarang ini komunitas Facebook telah berkembang menjadi lebih dari 88 juta pengguna dengan 46 juta pengguna yang menggunakan Facebook setiap harinya (Data Internal Facebook, Q2 2016). Facebook Indonesia menyadari adanya potensi besar bagi bisnis untuk menjangkau konsumen di dalam dan luar negeri melalui mobile.

Sebanyak 62% orang mengatakan bahwa mereka mengecek ponsel mereka lebih dari 80 kali dalam satu hari, dan mengecek Facebook feed lebih dari 14 kali dalam satu hari. eMarketer juga memprediksi bahwa 65,2 juta orang Indonesia akan menggunakan smartphone pada akhir tahun 2016, dengan penetrasi mobile sebesar 40,4%. (eMarketer, Feb 2016). Menyadari hal ini, Facebook Indonesia ingin membantu bisnis untuk beradaptasi dengan strategi mobile dengan cepat yang dapat menjangkau konsumen dan mengembangkan bisnis mereka.

Ada beberapa langkah yang akan dilakukan oleh perempuan kelahiran 25 Agustus ini untuk membantu konsumen Facebook untuk mengembangkan bisnis mereka. pertama, pelatihan. Facebook mengadakan serangkaian pelatihan dan workshop edukasi untuk pemilik bisnis dan pengusaha wanita di seluruh Indonesia, termasuk Bandung, Surabaya, dan Jakarta, memberikan kesempatan pada UKM untuk mendapatkan pelatihan secara langsung serta akses ke Facebook dan pakar bisnis lainnya.

Kedua, shop. Belum lama ini Facebook meluncurkan shop section, fitur yang dirancang untuk memberikan bisnis sebuah cara baru untuk menampilkan aspek terpenting dalam bisnis mereka secara lebih kredibel dan produk yang sedang dijual di Page mereka. Shop section di Pages memudahkan pengguna dalam menemukan dan mencari produk yang tersedia dari bisnis yang mereka sukai.

Ketiga, bekerjasama dengan Bank Mandiri. Facebook berkolaborasi dengan Bank Mandiri untuk meluncurkan layanan Mandiri Debit Online sebagai metode pembayaran dalam membeli iklan di Facebook. Melalui kerjasama ini, pengiklan tidak lagi membutuhkan kartu kredit untuk membeli iklan Facebook atau Instagram.

Keempat, pendidikan. Facebook memperkenalkan Sertifikasi Blueprint, yaitu program dengan tingkatan tertinggi bagi pengiklan digital. Program ini mengakui keahlian untuk level yang tinggi dalam rangkaian produk dan layanan Facebook. Blueprint memberikan bisnis perangkat serta pelatihan yang dibutuhkan untuk mempelajari bagaimana Facebook bisa membantu menumbuhkan bisnis mereka. Dimulai dari kursus online gratis hingga kesempatan untuk bekerja langsung dengan para ahli, 
Blueprint mempermudah dalam mempelajari dan menguasai praktik terbaik dari pemasaran di Facebook.

Kelima, praktik terbaik. Pemilik usaha dan pemasaran bisa mempelajari praktik terbaik terbaru dan kesuksesan dari bisnis lainnya di Indonesia dan di seluruh dunia di laman https://www.facebook.com/business/success.

Keenam, dukungan bagi pengiklan dalam Bahasa Indonesia. Pada awal tahun ini Facebook meluncurkan dukungan untuk klien dalam Bahasa Indonesia untuk menghubungkan UKM dengan Facebook melalui surat elektronik atau telepon jika terjadi permasalahan pada akun iklan dan pembayaran mereka, pengiriman iklan, Facebook Pages atau akun Instagram, dan lain-lain.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)