ABB Dukung Pertumbuhan Data Center di Indonesia

Pesatnya kemajuan teknologi informasi di Indonesia telah dirasakan sejak tahun 2012. Rencana pemerintah untuk merancang e-commerce road map guna memperkuat keamanan menyebabkan kebutuhan akan data center di berbagai sektor industrial terus meningkat. Hal ini tentunya memenciptakan peluang baru bagi penyedia telknologi data center di Indonesia. Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan mulai dari sektor publik, swasta, perbankan, asuransi, hingga penyedia internet membutuhkan infrastruktur dan informasi penting yang tersimpan di data center. Pasalnya, seluruh kegiatan seperti mengumpulkan, menyimpan, dan mengelola data membutuhkan keandalan operasional yang maksimal.

images-3

Data center diharapkan dapat beroperasi dengan baik jika sumber daya listrik bisa diandalkan serta dilengkapi pendingin yang efisien, bebas kebisingan serta bebas gangguan yang signifikan. Hal tersebut wajib dipenuhi oleh setiap penyedia teknologi yang menyediakan layanan data center bagi perusahaan yang mereka dukung.

Menjawab tantangan tersebut, ABB yang sudah memiliki pengalaman dalam memasok listrik untuk data center memperkuat portofolionya dengan menyediakan layanan ABB Decatron. Hal ini berangkat dari 3 komponen utama yang harus dipenuhi antara lain sistem IT, perlengkapan fasilitas, serta pelistrikan. ABB decatron mampu memberikan visibilitas, pengawasan, serta kontrol terpusat guna bisa mengatur operasi data center secara menyeluruh. Dengan Decatron, ABB mengklaim bahwa data center akan mampu menghantarkan layanan lebih cepat dan efisien.

"Pertumbuhan dan potensi signifikan dari industri data center di Indonesia telah menarik perhatian penyedia layanan data center dan teknologi informasi baik di dalam maupun luar negeri. Sementara itu, masih banyak masyarakat Indonesia yang mencari cara untuk mengatasi tantangan yang ada dalam industri yang sedang berkembang saat ini. Oleh sebab itu, kami menyediakan solusi untuk dapat bermitra dengan penyedia layanan data center untuk kompetensi lebih tinggi dengan biaya yang tentunya lebih efisien," ujar Richard Ledgard, Country Managing Director ABB Indonesia.

Secara Global, ABB telah memasang data center dengan arus searah paling kuat sedunia. Dalam proyek ini, ABB juga memasang sistem penyaluran daya listrik arus searah dan tercanggih di dunia. Teknologi ini dapat menghemat energi hingga 20% dibandingkan dengan penyaluran arus bolak balik yang sering dilakukan data center.

`Sebagai perusahaan yang mengklaim dirinya sebagai pemimpin industri data center secara global, ABB senantiasa berkomitmen untuk memberikan keamanan dan keandalan produk yang efisien untuk membantu konsumen membangun data center yang stabil di Indonesia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)