ABB Memasarkan Produk Robot Industrial Baru

ABB, perusahaan teknologi dan robotik yang bermarkas di Swiss memperkenalkan produk robotik barunya yang diberi nama Yumi. Lilik Suharmawan, Local Business Unit Manager bidang Robotic Discrete Automation and Motion Division ABB Indonesia, menerangkan bahwa robot baru ini didesain agar bisa digunakan langsung di dekat manusia karena aman dan dilengkapi fitur-fitur yang mendukung keselamatan kerja. Ukurannya yang relatif kecil untuk ukuran robot industri memang sesuai dengan tujuan robot ini dibuat, yaitu membantu manusia di bidang industri yang membutuhkan presisi seperti pembuatan mainan, pemasangan chip pada PCB atau pemasangan kabel-kabel kecil yang rumit.

Ukuran Yumi disesuaikan dengan tubuh manusia atas tujuan keamanan dan efisiensi Ukuran Yumi disesuaikan dengan tubuh manusia atas tujuan keamanan dan efisiensi

“Yumi adalah produk yang safe dan colaborative, tidak perlu ada pagar yang membatasi robot ini dengan manusia, sangat aman," jelasnya.

Kecepatan geraknya tidak tinggi karena kami membuat robot ini agar bisa mengimbangi kecepatan kerja manusia. Ini karena kami yakin, kolaborasi yang baik antara manusia dan robot dalam sebuah industri akan meningkatkan produktivitas hingga return of investment bisa dengan mudah dicapai.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa manusia memerlukan istirahat diantara sesi produksi untuk mengisi ulang stamina dan ini bisa memengaruhi produktivitas, terkadang juga faktor manusiawi lain seperti sakit jika dihitung-hitung bisa juga berpengaruh. Hambatan-hambatan ini bisa ditanggulangi dengan keterlibatan robot tersebut dalam produksi. Selain itu, berbeda dengan kebanyakan robot-robot industri lainnya, Yumi memiliki dual hand yang dua-duanya aktif dan fleksibel dan diklaim bisa memberikan hasil yang lebih baik dan efisien dibandingkan robot sekelas yang hanya menggunakan 1 lengan.

Selain menekankan bahwa robot ini aman dan mampu maningkatkan produktivitas, dia juga menjelaskan bahwa robot ini mudah untuk digunakan dan tidak memerlukan skill khusus untuk mengoperasikannya. “Berbeda dengan pandangan umum bahwa robot itu sangat teknikal dan butuh program yang rumit untuk diaplikasikan, Yumi ini sangat user friendly. Tidak perlu coding lagi,” ujarnya. Dia menegaskan bahwa manusia bisa seperti mengajari robot ini. Misalnya seorang pekerja memutuhkan salah satu tangan Yumi untuk memegang sebuah komponen di satu titik, pekerja itu bisa mengatur gerakan Yumi untuk secara konstan berada di titik itu saat si pekerja membutuhkannya. Ini karena di lengannya, robot itu memiliki semacam kamera dan sensor yang bisa melihat dan memproses gerakan manusia sebagai perintah.

Untuk fitur-fitur yang ditawarkan itu, ABB memasang harga mulai dari US$ 40.000. Belum diketahui penyesuaian harga yang diberlakukan untuk pasar Indonesia nanti akan seperti apa mengingat kondisi kurs yang melemah. Meski sudah bisa dipesan, Robot ini sendiri belum ada di Indonesia. Lilik menerangkan bahwa Yumi sedang dalam perjalanan dan akan dipamerkan di JIExpo Kemayoran pada tanggal 16-19 September 2015 nanti. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)