Ada 1.000 Pendaftar Global Online Startup Weekend COVID-19 Indonesia

Menyikapi pandemi COVID-19, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfor) bersama KUMPUL menginisiasi program Global Online Startup Weekend COVID-19 Indonesia. Program tersebut akan diselenggarakan oleh Techstars, mulai pada tanggal 24 hingga 26 April 2020. Tiga pemenang akan mewakili Indonesia pada kompetisi Top 20 Global Winner Startup Weekend.

“KUMPUL melihat peran pelaku coworking di daerah sangat penting sebagai penggerak komunitas dan ekosistem startup. Di minggu terakhir sebelum pendaftaran ditutup, sudah ada lebih dari 1.000 pendaftar dari seluruh Indonesia” ujar Faye Alund, Co-founder & CEO KUMPUL (23/04/2020).

Hal yang sama juga dikemukakan Johnny G. Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo). Ia antusias membentuk startup mulai bermunculan di berbagai daerah. Banyak di antaranya yang berinisiatif dalam peran sosial bersama pemerintah daerah, kementerian, maupun LSM di tengah pandemi COVID-19. Mulai dari penyediaan masker dan APD, pelatihan kerja serta membantu mempermudah akses masyarakat terhadap kebutuhan primer.

"Saya percaya, tak hanya mereka, kalian pun akan menjadi penggerak inovasi-inovasi baru bagi Indonesia di masa pandemi ini,” jelas Johnny.

Saat ini sudah ada lebih dari 60 negara termasuk Indonesia yang bergabung menjalankan program berskala dunia tersebut. Dengan waktu 54 jam, seluruh peserta akan membangun startup pada 6 fokus sektor, yakni kesehatan, populasi rentan, komunitas, bisnis, edukasi, dan hiburan. Proses pembangunan startup akan dibimbing oleh lebih dari 30 pembicara dan mentor dari berbagai bidang.

“Saya bersemangat untuk menjadi bagian dari sejarah. Pertama kalinya Startup Weekend dilaksanakan dalam format online dan dalam skala nasional. Ini akan jadi 54 jam penuh energi dan sinergi dari seluruh Indonesia”, ujar Febriadi Pratama, Co-founder dan CTO Gringgo, serta pemenang Startup Weekend Bali 2014.

Pembicara dan mentor yang terlibat di antaranya Dayu Dara (CEO & Founder Pinhome), Doddy Lukito (Chief Business Officer Halodoc), dan Ainun Najib (KawalCovid19.id), Ligwina Hananto (Co-founder & CEO QM Financial), Peter Shearer (CEO dan Founder Wahyoo), serta Danang Rizki Ginanjar (Staf Khusus Menteri Riset, Teknologi dan Badan Riset Inovasi Nasional).

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)