Alibaba Cloud Luncurkan Solusi Livestreaming E-commerce

Selina Yuan, President International Business, Alibaba Cloud Intelligence. (dok. Alibaba)

Alibaba Cloud meluncurkan solusi satu atap livestreaming e-commerce terbaru guna membantu para pelaku bisnis global dari berbagai skala untuk melakukan livestreaming dan menawarkan para pelanggan akan pengalaman berbelanja online yang dipersonalisasi. Adanya solusi livestreaming ini merupakan sebuah permintaan yang berkembang pesat selama pandemi COVID-19.

Solusi baru ini juga dirancang menggunakan Content Delivery Networks (CDN) atau Jaringan Pengiriman Konten Alibaba Cloud yang luas dengan lebih dari 2.800 node di lebih dari 70 negara dan wilayah, yang memanfaatkan teknologi perusahaan berskala besar dan pemrosesan video real-time yang terdistribusi untuk memungkinkan transfer sinyal tanpa gangguan antar penjual, pembeli dan pusat distribusi terdekat.

Teknologi transcoding cloud milik Alibaba Cloud yang bernama Narrowband HD, menjamin kualitas gambar sekaligus mengurangi bit rate, memungkinkan pengalaman livestreaming beresolusi tinggi dengan biaya bandwidth yang rendah.

Teknologi ini juga membantu mengatasi tantangan terkait kualitas teknologi audio dan video, biaya tinggi perangkat lunak penting seperti transcoding video real-time dan memberikan efisiensi dalam pengaturan traffic dan CDN. Pengguna dapat menikmati livestreaming dengan maksimum latensi hanya dua detik, di mana hal ini sangat penting digunakan saat flash sales.

Solusi livestreaming yang dikeluarkan bersama lebih dari 20 produk, solusi, dan pembaruan lainnya selama Alibaba Cloud Summit 2021 virtual ini bertujuan untuk lebih membantu bisnis dalam perjalanan digitalisasi mereka.

Selain penawaran, generasi ketujuh dari Layanan Komputasi Elastis atau Elastic Compute Service (ECS 7) Alibaba Cloud dan Layanan Manajemen Data atau Data Management Service (DMS) cloud-native yang diperbarui akan ditampilkan secara eksklusif di Asia, lalu diikuti oleh pasar global.

Pada saat Alibaba Cloud Summit 2021, Jeff Zhang, President of Alibaba Cloud Intelligence mengatakaninovasi teknologi menjadi inti dari pengembangan jangka panjang Alibaba Cloud. “Memperkenalkan produk dan solusi baru serta terus meningkatkan fitur produk adalah cara kami untuk memenuhi janji kepada pelanggan dan mitra global kami. Akselerasi transformasi digital dan adopsi teknologi yang muncul sebagai agenda di Asia membuat kami sangat bersemangat, dan memotivasi kami untuk terus meningkatkan inovasi dan kemampuan R&D kami agar dapat tetap berada di garis terdepan di industri,” ungkap Zhang.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)