Ambisi Karin untuk Opera Mini di Indonesia

IMG_20150514_1010261

Beberapa minggu yang lalu, setelah Opera Mini meluncurkan versi terbarunya langsung disambut hangat oleh seluruh penghuni bumi. Hanya dalam satu hari, sudah ada satu juta download lewat Google Play dan menempatkan aplikasi perambah gratis dari Oslo, Norwegia itu menduduki peringkat teratas di 18 negara di dunia. Di antara negara pengguna Opera terbanyak adalah: India, Indonesia, Bangladesh, Ukraina, Nigeria, Afrika Selatan dan Pakistan.

"Suatu kebanggaan tersendiri bagi kami atas prestasi tersebut," ungkap Karin Greve Isdahl, VP PR & Communications, Opera Software ASA kepada SWA Online di Jakarta beberapa waktu yang lalu. Karin kemudian membeberkan rahasia Opera yang mampu mencuri hati 130 juta pengguna Andriod untuk menikmati perambah berlogo huruf O berwarna merah itu.

Menurut Karin rahasia itu ada pada kualitasnya, Opera mini mengerti betul efisiensi data bagi pengguna smartphone. Untuk itu, Opera mini memfokuskan diri pada penghematan data melalui fitur yang dapat mengompresi sebuah laman sebanyak 10% dari ukuran aslinya.

Teknologi kompresi tersebut dapat memperpanjang paket data para pengguna serta mempercepat aktifitas penjelajahan internet. Saat ini, Opera Mini memiliki nilai rata-rata penlaiain sebesar 4.4 dari 5 di Google Play store.

"Kualitas produk yang bagus, perfect dan fleksibel, serta ditopang dengan posisi pasar yang strategis, menjadikan kami sangat dipercaya oleh kostumer," terang Karin bangga.

Sebagai negara pengguna terbesar ke dua setelah India, Indonesia menjadi salah satu target pasar Opera untuk mengembangkan sayap bisnisnya yang ditargetkan dapat naik 2x lipat dari jumlah pengguna Opera mini di Android saat ini sebesar 130 juta menjadi 275 juta pengguna dalam kurun waktu 2 tahun kedepan, yaitu di tahun 2017.

Sejak bergabung dengan Opera pada Februari tahun 2014 lalu, mantan jurnalis CNBC ini punya ambisi menjadikan Opera sebagai brand yang kuat dan mendapat sambutan yang hangat bagi kostumer di Indonesia. Karin lalu menmbahkan, selain customer produk berupa aplikasi perambah Opera, yang menjadi sumbangsing besar bagi Opera, adalah bisnis unit Advertising dan B2B Licenced.

Saat ini, Opera memiliki pengguna sebanyak 5.000 juta orang di semua platform, baik desktop, Andriod, iOS dan Windows Phone dan pengguna terbesar masih berada di pengguna desktop sebanyak 55 juta pengguna. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)