Anak Usaha BBCA Menjaring Transaksi Rp 36 Triliun

(Kiri-Kanan) Head of Marketing & Communication PT Bank Digital BCA Duardi Prihandiko; Head of Digital Business PT Bank Digital BCA Edwin Tirta; Direktur Utama BCA Digital, Lanny Budiati. (Foto : BC Digital)

PT Bank Digital BCA (BCA Digital) melalui platform bank digital Blu by BCA Digital, membukukan 806 ribu pengguna. Sejak pertama kali diluncurkan pada 22 Juli 2021 hingga 15 Juli 2022, blu by BCA Digital ini kian memikat nasabah.

Pengguna bank digital ini sehari-hari aktif melakukan berbagai macam transaksi keuangan dengan total nilai transaksi Rp 36 triliun. Jumlah transaksi keuangan di platform Blu by BCA Digital di antaranya berasal dari pembelian dan pembayaran QRIS serta tagihan sebesar Rp 161 miliar.

BCA Digital, anak perusahaan PT Bank Centra Asia Tbk (BBCA) itu,] menempuh strategi bisnis yang berbeda dengan kebanyakan bank digital yang saat ini fokus mengakuisisi nasabah secara masif. Direktur Utama BCA Digital Lanny Budiati mengungkapkan bahwa strategi BCA Digital yang saat ini terfokus pada meningkatkan kualitas nasabah dan membangun ekosistem digital lewat Banking as a Service atau BaaS mulai memperlihatkan hasil yang baik. "Kami mengapresiasi Blu yang mulai meraih kepercayaan publik sebagai sahabat finansial hanya dalam waktu satu tahun. Kepercayaan nasabah kepada kami terlihat dari Dana Pihak Ketiga (DPK) yang berhasil terhimpun lebih dari Rp 4,4 triliun,” ujar Lanny dalam keterangannya seperti dikutip SWA Online di Jakarta, Rabu (27/7/2022).

Nasabah BCA Digital ini tidak hanya mengunduh aplikasi Blu, tetapi juga makin aktif menggunakan untuk bermacam transaksi keuangan. “Ini membuat kami berupaya terus mengembangkan dengan mengakomodir kebutuhan dan suara dari nasabah kami,” ucap Lanny. Dari seluruh dana pihak ketiga yang berhasil dihimpun, BCA Digital sudah menyalurkan kredit lewat chanelling, joint financing, dan penyaluran langsung ke nasabah sejumlah Rp 1,75 triliun.

Upaya Blu by BCA Digital yang menjadi pionir BaaS untuk membentuk ekosistem digital di Indonesia juga sudah memperlihatkan kemajuan. Per Juli 2022, BCA Digital sudah berhasil menintegrasikan blu dengan setidaknya dua aplikasi digital partner, di antaranya Blibli dan Telkomsel Redi. Dalam waktu dekat, BCA Digital akan kembali mengintegrasikan Blu dengan salah satu platform kampus swasta terbesar di Indonesia, yang akan memudahkan para mahasiswa dalam hal urusan finansial.

Head of Digital Business BCA Digital Edwin Tirta menyatakan keinginan BCA Digital untuk terus membangun ekosistem digital yang tergabung dalam platfom blu by BCA Digital. “Jika ekosistem digital berhasil dibangun lewat Banking as a Service, pihak bank akan bisa memberikan kemudahan bagi nasabah untuk bisa transaksi tanpa ke luar masuk aplikasi yang berbeda, memperluas akses financial service kami, dan akan membuat biaya akuisisi nasabah menjadi lebih efisien,” kata Edwin.

Ke depannya, tambah Edwin, pengembangan fitur blu akan fokus untuk meningkatkan kualitas layanan yang mengakomodir kebutuhan nasabah. Misalnya, kartu ATM, baik fisik maupun virtual, lalu fitur top up flazz, dan fitur investasi yang akan bekerjasama dengan platform wealth management Moduit yang sedang terus disempurnakan sehingga bisa segera digunakan dalam waktu dekat.

Halaman Selanjutnya
Saham BCA Cetak Kekayaan...
Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)