Technology Trends

Anteraja Layani Pengiriman Barang Via WhatsApp

Armada sepeda motor Anteraja mengirim barang. (Foto : Anteraja)

Anteraja memperluas jaringannya yaitu dengan meluncurkan layanan pengiriman barang via WhatsApp. Layanan WhatsApp Anteraja ini juga berfungsi untuk mengecek (tracking) posisi paket serta tarif pengiriman dalam satu platform. Layanan WhatsApp Anteraja sudah bisa digunakan sejak Oktober 2020 di seluruh wilayah yang sudah dijangkau oleh Anteraja.

Suyanto, CEO Anteraja, mengatakan perluasan layanan ini diharapkan bisa menjangkau lebih banyak pelanggan di seluruh Indonesia. Saat ini, titik layanan Anteraja di 280 titik di seluruh wilayah Indonesia. “Dan harapannya kami bisa membangun lebih banyak titik layanan yang terjangkau oleh Anteraja di waktu mendatang,” ujar Suyanto dalam keterangannya kepada awak media di Jakarta, Jum’at (20/11/2020).

Aplikasi WhatsApp dipilih menjadi media perluasan layanan Anteraja didasarkan pada kemudahan akses dan merupakan aplikasi pesan (chatting) dengan pengguna terbanyak di Indonesia serta mudah diakses oleh semua kalangan usia. Untuk menggunakan layanan pengiriman barang melalui WhatsApp, bisa dengan menambahkan WhatsApp Business (0811-9610-9367). Setelah pengguna terhubung dengan WhatsApp, admin akan mengarahkan pengguna untuk memilih fitur layanan, seperti Order Anteraja untuk melakukan order pengiriman barang, Tracking Parcel untuk melacak posisi paket terakhir, Cek Tarif untuk mengetahui biaya kirim, dan beberapa fitur lainnya.

Setelah semua proses tersebut dilalui selanjutnya Satria atau kurir Anteraja akan datang menjemput paket tersebut. Tidak berbeda jauh dengan layanan melalui aplikasi Anteraja, layanan via WhatsApp juga terdiri dari tiga jenis layanan, yaitu reguler (2-4 hari), next day (1 hari), yang tersedia untuk wilayah Bali, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Surakarta, Malang, Surabaya, Makassar, dan Medan, dan same day (8 jam) yang tersedia untuk Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Semarang, Malang, dan Medan.

Untuk sistem pembayaran, user atau pengguna dapat menggunakan e-wallet seperti OVO dan GoPay. Seiring dengan meningkatnya transaksi melalui e-commerce di Indonesia di masa pandemi Covid-19, hal tersebut ternyata turut memberikan kontribusi positif terhadap meningkatnya volume pengiriman Anteraja. “Hingga Oktober ini volume pengiriman Anteraja sudah mencapai lebih dari 305 ribu parcel per hari. Artinya Anteraja sudah mencapai break event point yaitu 300 ribu parcel per hari yang kami perkirakan tercapai di tahun depan. Namun Anteraja berhasil mencapai angka tersebut diakhir tahun 2020 ini,” sambung Suyanto menjabarkan.

Sementara itu, sebagai bentuk apresiasi Anteraja atas pencapaian yang luar biasa menjelang akhir tahun 2020, Anteraja memberikan giveaway melalui program Gibah (bagi-bagi Hadiah) di sepanjang November melalui Instagram @anteraja.id, terdapat beragam hadiah menarik yang telah disiapkan Anteraja, seperti sepeda lipat Airwalk, helm Airoh, Samsung Galaxy A11, Xiaomi Redmi 9A, Nintendo Switch, Oppo A12, headset Jabra, laptop Asus, sampai logam mulia, dan hadiah menarik lainnya.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved