Antisipasi Trafik Lebaran, Indosat Modernisasi Fasilitas i-NOC

PT Indosat Tbk meresmikan operasional fasilitas baru dari Indosat Network Operation Center (i-NOC) sebagai pusat pemantauan performansi jaringan Indosat secara nasional. Langkah ini merupakan bagian dari kesiapan jaringan Indosat dalam mendukung dan memastikan komunikasi pelanggan selama masa Ramadhan dan Mudik Lebaran 2015 berlangsung lancar dan nyaman. Pada kuartal 1-2015, Indosat memiliki 66,5 juta pelanggan.

President Director & CEO Indosat Alexander Rusli mengatakan, i-NOC sebenarnya sudah ada, namun kemudian dimodernisasi dengan beberapa fasilitas baru. Ini merupakan bentuk komitmen perseroan dalam menghadirkan inovasi kepada pelanggan agar mereka mendapat pengalaman terbaik dalam menggunakan layanan Indosat. "i-NOC akan memastikan jaringan Indosat selalu dalam performansi prima untuk memonitor secara langsung dan transparan pelanggan seluler maupun pelanggan korporasi yang menggunakan layanan Indosat. Hadirnya i-NOC ini juga sejalan dengan progran peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan secara keseluruhan yang menjadi fokus kami dalam dua tahun terakhir ini melalui program modernisasi jaringan secara nasional, yang memberikan kualitas dan kecepatan akses yang semakin tinggi dan stabil," katanya.

Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat (tengah) bersama dengan John M. Thompson, Director & Chief Technology Officer Indosat (kiri) dan Herfini Haryono, Chief Information Officer Indosat (kanan) di peluncuran i-NOC, pusat pemantauan performansi jaringan Indosat secara nasional. Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat (tengah) bersama dengan John M. Thompson, Director & Chief Technology Officer Indosat (kiri) dan Herfini Haryono, Chief Information Officer Indosat (kanan) di peluncuran i-NOC, pusat pemantauan performansi jaringan Indosat secara nasional.

i-NOC adalah fasilitas monitoring dan pengendalian jaringan infrastruktur Indosat, baik untuk layanan Cellular (Mobile) maupun layanan Enterprise Corporate (Fixed MIDI), indosat Business, termasuk yang disediakan anak perusahaan Indosat, Lintasarta dan IM2. i-NOC akan berperan untuk meningkatkan fungsi monitoring kontinuitas antarjaringan yang kompleks, peningkatan percepatan penyelesaian gangguan dan pusat koordinasi (Command Center) bagi seluruh perangkat Core, Radio, Transmisi Backbone dan Access Network dari 40.756 BTS Indosat di seluruh wilayah Indonesia.

Director & Chief Technology Officer Indosat John M Thompson menambahkan, keberlangsungan layanan pelanggan tanpa gangguan merupakan tujuan utama kehadiran i-NOC ini. Seluruh engineer dan teknisi Indosat di i-NOC akan memastikan setiap potensi gangguan dapat langsung diatasi, bahkan sebelum potensi gangguan tersebut benar-benar terjadi dan dirasakan oleh pelanggan. "Selain itu sebagai pusat pemantauan jaringan, i-NOC akan memastikan komunikasi pelanggan berjalan lancar dan nyaman, terutama selama periode trafik telekomunikasi yang cukup padat seperti Ramadhan dan Mudik Lebaran 2015,” ujar dia.

Kini, i-NOC dilengkapi dengan beberapa fasilitas baru yang terdiri dari ruang bangunan utama untuk memonitor jaringan yang dilengkapi 24 buah video wall display untuk dashboard monitoring guna membantu secara visual memonitor service (SoC) dan trends performance jaringan. Hasil pemantauan dari fasilitas ini akan melengkapi informasi bagi para engineer dan teknisi jaringan dari tiap fungsi seperti fungsi Core, Radio, Transmisi Backbone dan Access Network.

i-NOC juga dilengkapi dengan ruang bangunan pendukung Command Center (war room) untuk koordinasi cepat tanggap yang dilengkapi perangkat Audio-video (teleconference) dan kemampuan access ke semua jaringan indosat, serta ruang area lainnya diperutukkan untuk team pendukung, engineers/teknisi helpdesk & TAC (Technical Assistence Center/Expert) dan Provisioning jaringan dari tiap bagian fungsi (Cellular & Enterprise Corporate), serta dilengkapi ruang area khusus breakpoint.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)