Aplikasi “Next for Nigeria” Sabet Penghargaan

Muhammadu Buhari dan Yemi Osinbajo, awal April 2015 lalu, terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden Nigeria mengalahkan incumbent dengan lebih dari 2,5 juta suara melalui pesannya yang bertema “perubahan”. Aplikasi “Next for Nigeria” garapan AR&Co, unit technology dan creative solutions dari WIR Group, pun menjadi sorotan.

Awal Juni 2015 ini, aplikasi “Next for Nigeria” berhasil menyabet penghargaan “Best Augmented Reality Campaign” oleh Augmented World Expo 2015 yang diselenggarakan di Silicon Valley, Amerika Serikat. Augmented World Expo 2015 merupakan event tahunan bergengsi di Silicon Valley dan dihadiri lebih dari 200 perusahaan teknologi kelas dunia yang bergelut di bidang augmented reality dan virtual reality.

ARnCo_AWE2015_Award

Aplikasi “Next for Nigeria” dibuat dengan nuansa netral yang tidak berpihak kepada pihak manapun, namun konten yang ada di dalamnya adalah pesan khusus tentang kondisi Nigeria yang memprihatinkan, dan mempertanyakan “What is next?” untuk Nigeria. Pesan multimedia tersebut disampaikan pasangan capres Jendral Muhammadu Buhari dan Profesor Yemi Osinbajokepada kaum muda Nigeria.

Mayoritas anak muda Nigeria, seperti halnya di negara-negara lain, tak terlalu tertarik dengan pemilu. Hal ini juga disebabkan kurang transparannya proses pemilihan umum di masa-masa sebelumnya. Berbagai NGO, serta pihak-pihak lain termasuk MTV, dalam beberapa tahun terakhir pun cukup gencar mengampanyekan partisipasi anak muda dalam Pemilu, namun komisi pemilihan umum Nigeria dan juga para calon/ kandidat masih khawatir akan hal tersebut.

Apalagi, situasi di Nigeria terus memanas sejak awal tahun ini. Turunnya harga minyak dunia yang merupakan salah satu penopang ekonomi nasional, ketidakmerataan pembangunan, korupsi yang semakin merajalela, hingga tindakan kekerasan yang makin menyebar yang dilakukan oleh kelompok Boko Haram di bagian utara Nigeria makin memperkeruh suasana. Wabah Ebola yang tengah berkecamuk di daerah Afrika Barat dan memakan banyak korban jiwa membuat Afrika Barat kian dikucilkan dalam berbagai sektor.

Atas permintaan APC (All Progressive Congress), AR&Co menciptakan aplikasi mobile “Next for Nigeria” yang dapat teraktivasi disaat pengguna tablet atau smartphone memfokuskannya ke logo 2 partai terbesar di Nigeria. Direktur Media dan Publisitas untuk kampanye kepresidenan APC, Malam Garba Shehu mengungkapkan kebahagiaannya. “Augmented Reality adalah teknologi terdepan yang membawa ‘keajaiban’ kepada smartphone dan tablet. Ini adalah berita baru untuk Afrika karena ini merupakan pertama kalinya teknologi ini digunakan untuk pemilihan umum,” ujarnya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)