Technology zkumparan

Aplikasi Oona Capai Lebih dari 1 Juta Download

PT Metra-Net (Metranet) melalui produkn Oona, melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan beberapa content partner, antara lain Antara TV, Muvinow, Bali TV, Sequilla, dan Cumi-Cumi. Dengan kerjasama ini, melengkapi total channel Oona menjadi lebih dari 150.

Oona merupakan aplikasi mobile dengan tagline “Free, Rewarding, Fun”. Dalam layanannya, Oona menawarkan tayangan TV lokal maupun internasional, serta konten-konten Video-on-Demand(VOD) yang dapat dinikmati penggunanya secara gratis. “Saat ini, Oona telah mencapai lebih dari 1 juta apps download,” ujar Widi Nugroho, Direktur Utama Metranet.

Ia menjelaskan, dengan fitur-fitur yang dihadirkan tidak hanya menjadikan Oona mampu menghadirkan solusi tayangan siaran TV maupun VOD, namun Oona mampu menjadi enabler terselenggaranya ekonomi berbagi. Ia berharap, konsep ini dapat memberikan kontribusi terhadap penguatan ekonomi digital kreatif di Indonesia dan khususnya pada ekosistem yang dibangun.

Menurutnya, dari data yang dimiliki perusahaan, konsumsi generasi Y dan Z terhadap tayangan televisi untuk mendapatkan informasi dan hiburan ternyata masih menduduki posisi teratas meskipun tren mengakses melalui perangkat TV menunjukkan penurunan. Menariknya, menurunnya tren tersebut dibarengi dengan naiknya tren pemanfaatan internet dalam aktivitas keseharian mereka.

Generasi Y dan Z mengakses internet dengan beragam tujuan, seperti untuk bersosial media, mencari peluang kerja, membaca berita, hingga menonton siaran televisi secara streaming, dan melihat iklan-iklan untuk mencari produk-produk menarik. Dua temuan terakhir tersebut tentu saja bisa menjadi pertimbangan menarik bagi dunia usaha dalam menggunakan Oona sebagai media untuk berpromosi.

Mengenai perangkat yang digunakan untuk berselancar di dunia maya, penggunaan amartphone dan tablet berada di peringkat pertama, disusul dengan notebook, dan terakhir adalah penggunaan komputer desktop. Ini selaras dengan fakta lainnya yang menegaskan bahwa generasi milenial adalah generasi yang praktis dan tidak mau repot.

Setyo Budianto, Direktur Pengembangan Bisnis Metranet, menjelaskan, aplikasi ini hadir sebagai cara baru menonton tayangan televisi bagi masyarakat Indonesia, khususnya generasi digital yang memiliki mobilitas tinggi, selalu ingin terhubung dengan informasi terbaru, terus eksis dalam bersosialisasi digital, dan senantiasa mengandalkan dukungan smartphone untuk setiap aktivitasnya. “Oona memiliki pendekatan unik yang mampu menghubungkan kepentingan pengguna, merchants, maupun dunia usaha.” tuturnya,

Adapun fitur Oona yakni pertama ada chatbot, bernama Siskabot yang akan berinteraksi dengan pengguna tentang jenis tayangan yang diminati dan sekaligus akan menjadi dasar bagi Oona dalam menyuguhkan iklan yang sesuai dengan pengguna berkat dukungan teknologi AI yang menyertai aplikasi ini. Kedua, TCoins yaitu berupa poin reward bagi pengguna terkait dengan kesediaannya menonton tayangan pariwara yang menyertai siaran TV atau VOD yang dipilihnya dan mengundang teman atau kerabat untuk turut mengunduh melalui akun media sosial atau aplikasi pesan, serta pengguna yang telah melakukan perbincangan bersama pengguna lain tentang sebuah tayangan di chat room yang tersedia. Selanjutnya, Tcoins dapat ditukarkan dengan kupon potongan harga di berbagai merchants.

Ketiga sharing, pengguna dapat melakukan editing setelah melalukan screen capture dan share melalui media sosial. Selain itu ada advertising yang merupakan salah satu penyumbang revenue bagi Oona. “Kami memiliki display ads/mid rool yang dapat dimanfaatkan dunia usaha dalam melakukan kegiatan promosi secara efektif dan tepat guna. Sebagai pelaku bisnis di industri digital, kami juga memiliki komitmen yang tinggi dalam menghadirkan manfaat baru melalui inovasi-inovasi yang akan terus kami kembangkan,” jelasnya.

Setyo berharap, Oona mampu memenuhi gaya hidup setiap generasi dan menjadi bagian tumbuhnya bisnis dari beragam pelaku ekonomi kreatif yang menjadi mitra Oona. Ia juga mengungkapkan kedepannya, Metranet berencana menggandeng Telkomsel untuk berkolaborasi dalam meningkatkan trafik data dalam mengakses konten video. Sebagai langkah lanjutan dari strategi tersebut, nantinya Oona akan bisa dinikmati melalui paket video dari Telkomsel yaitu paket VideoMax.

Pada kesempatan yang sama, M. Jafar Sidiq, Kepala Redaksi Antara TV, selaku salah satu penyedia konten di Oona, menyambut baik konsep agregasi konten seperti yang ditawarkan Oona. “Ini (agregasi konten) memperluas jaringan distribusi dan branding kami, sehingga pada akhirnya turut mendorong pertumbuhan bisnis Antara TV,” ujarnya,

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved