Aplikasi RentalQ Implementasikan IoT

Moshe Pandjaitan, CEO Miota. (Tangkapan layar : Vicky Rachman/SWA)

Penetrasi Internet of Things (IoT) di Indonesia tergolong rendah dan ceruk pasarnya sangat besar. Nilai pasar IoT, menurut Asosiasi IoT Indonesia, diestimasikan berkisar US$ 13 miliar-14 miliar di 2020. PT Miota Intenrasional membidik peluang bisnis ini dengan meluncurkan aplikasi RentalQ berbasis IoT. Miota Internasional,  melalui anak perusahaan, yakni PT Mioto Agung Mobillitas (perusahaan patungan Miota dengan Agung Ventures), merilis aplikasi RentalQ ini untuk diimplementasikan di perusahaan penyewaan kendaraan. Banyak perusahaan dengan armada besar namun terbatasi dengan kontrak yang berjangka panjang mengalami beban cash inflow, dan biaya penyusutan yang besar yang membuat tidak fleksibel dan terjebak di persaingan harga.

RentalQ menawarkan cara baru untuk memenuhi kebutuhan mobilitas perusahaan  dan menyediakan teknologi yang lebih baik melalui integrasi ekosistem untuk mendukung mobilitas yang efektif dan efisien dengan menciptakan nilai-nilai terbaik untuk pemangku kepentingan. CEO Mioto Agung Mobilitas, Bambang Bodhianto, mengungkapkan, RentalQ membangun Enterprise Fleet Management sebagai solusi untuk memantau penggunaan dan kondisi kendaraan serta mengoptimalisasikan utilitasnya. "Hal ini kami siapkan karena perusahaan membutuhkan fleksibilitas jangka pendek yang mendukung berbagai aktivitas, juga untuk menjamin pemeliharaan preventif bebas gangguan dan menghindari down time," ujar Bambang di Jakarta, Rabu (5/5/2021).

Selain itu lanjut Bambang, pengguna umumnya ingin menghindari investasi pada pembelian kendaraan, mengingat mobil adalah aset yang mengalami depresiasi cukup besar. “Kondisi saat ini telah tercipta trend dan ekspektasi baru pada market untuk sewa jangka pendek dan fleksibel” ungkapnya.           

Moshe Pandjaitan, CEO Miota yang merupakan induk usaha Mioto sekaligus Agung Concern, mengatakan RentalQ merupakan kolaborasi pengalaman dan pengetahuan mendalam Agung Rent. "Dengan keunggulan teknologi Miota Kami luncurkan solusi rental mobil masa depan RentalQ Flexibility & Sustainability of Mobility dari Mioto Agung Mobilitas," imbuh Moshe.

Ia memperkirakan tren perusahaan yang membutuhkan fleksibilitas dalam menyewa kendaraan untuk kebutuhan mobilitas untuk menyokong roda bisnis. “Memenuhi market tersebut RentalQ menyediakan layanan end to end mobility solution platform di bawah naungan PT Mioto Agung Mobilitas yang merupakan perusahaan joint venture antara Miota Internasional dan Agung Ventures,” kata Moshe.

Moshe menjelaskan, dengan design OBD2 untuk mobil penumpang dan ERP Fleet Management RentalQ memberikan solusi mobilitas yang fleksibel dan berkelanjutan melalui Engine monitoring GPS tracking CCTV dan preventive maintenance module. RentalQ menawarkan manfaat utama dengan menciptakan keseimbangan permintaan dan penawaran, pemanfaatan yang lebih bervariasi dari berbagai tipe dan merek dengan harga terjangkau serta jangka waktu yang fleksibel

Arga Richir, CFO Mioto, menambahkan RentalQ menyediakan topologi Mioto yang mengintegrasikan device connectivity data management dan data analitikal untuk mengetahui real-time kondisi kendaraan. "Sehingga mempermudah monitoring melalui mobile apps dan web dashboard," katanya.

RentalQ menyodorkan benefit kepada konsumen. Pertama, pembiayaan perbankan dengan menyediakan dana untuk membeli kendaraan dan refinancing. Kedua, dealer resmi yang menyediakan berbagai tipe mobil baru untuk memenuhi ekspektasi konsumen. Ketiga, showroom yang menyediakan atau membeli berbagai tipe mobil bekas dengan harga murah & berkualitas.

Keempat, balai lelang sebagai sarana peremajaan kendaraan yang telah selesai masa kontraknya. Kelima, service dan perawatan untuk pemeliharaan agar kendaraan tetap prima. Keenam, sparepart untuk penggantian bagian yang rusak dan mengurangi down time. Ketujuh, aksesoris, autodetailing dan car wash, untuk menyediakan mobil yang nyaman. Dan terakhir, asuransi yang menjamin keamanan dan keselamatan untuk penyedia dan pengguna dengan meminimalkan risiko.

Sedangkan benefit bagi pengguna adalah kemudahan mendapatkan manfaat, ketersediaan dan kesiapan unit, fleksibilitas waktu dan tempat, efektivitas biaya yang terjangkau, layanan yang mudah dan komprehensif, kemampuan mengontrol dan mengatur pemanfaatan kendaraan, mengurangi investasi atau belanja modal, dan penghematan biaya pajak. “Selain harga yang kompetitif dan tarif yang transparan, fleksibilitas pembayaran serta proses penagihan sewa yang terjadwal adalah keunggulan RentalQ,” tutur Arga.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)