Apple Segera Masuk Pasar Tablet Mini

Apple Inc. menginstruksikan  pemasoknya agar segera memproduksi secara massal tablet iPad versi mini. Keputusan ini diprediksi membuat perusahaan yang didirikan Steve Jobs ini bakal cepat mengalahkan para pesaingnya di segmen tablet kecil.

Sebelumnya, Apple pernah meragukan tablet kecil. Namun mereka tidak dapat menutup mata ketika tablet kecil buatan Amazon laris dipasaran. Kemudian format kecil -Google Nexus 7 bergabung dengan Galaxy Samsung yang membuat pasar tablet memanas.

Produksi versi mini iPad akan siap dilakukan pada bulan September atau satu bulan sebelum perkiraan peluncuran resminya. Ukuran layarnya akan lebih kecil dari 8 inci. Sebagai pembanding, pada iPad sekarang ukuran layar adalah 9,7 inci. Perubahan ini akan menjadi yang pertama sejak Apple merilis iPad generasi pertama pada 2010 silam.

Wall Street Journal pernah melaporkan pada bulan Februari bahwa Apple tengah melakukan uji coba tablet yang berukuran lebih kecil, meski pada waktu itu perwakilan perusahaan mengatakan belum memutuskan apakah akan diproduksi secara masal untuk kepentingan komersial.

Upaya Apple untuk mengeluarkan tablet berukuran lebih kecil merupakan strategi untuk mempertahankan dominasi mereka di segmen komputer tablet.

Analis mengatakan upaya peluncuran tablet berukuran kecil bisa membantu Apple menjaga dominasinya meski ketatnya persaingan. Tahun lalu, iPad menguasai 62% pangsa pasar komputer tablet global, menurut data riset IHS iSuppli.

"Meskipun Steve Jobs pernah menyangkal tablet kecil, namun nyatanya itu populer dan sangat berguna jika Anda menginginkan portabilitas. Tablet kecil juga memungkinkan harga yang murah sehingga bisa masuk di pasaran manapun," kata analis Jack Gold Associates di J. Gold.

Analis Tom Mainelli di perusahaan riset IDC, mengatakan, Apple telah menemukan bahwa tablet lebih besar tidak universal populer. Pengguna di Jepang "dengan budaya lebih mobile" dapat memilih format yang lebih kecil. Tablet kecil juga memungkinkan untuk digunakan anak sekolah dasar.

Jika Apple menjual perangkat baru kurang dari US$ 300, sesuai perkiraan, Mainelli berkata,"iPad akan membuat sakit hati semua androids."

Selain Apple beberapa pemain yang berkecimpung dalam bisnis tablet adalah Samsung Electronics Co, Amazon.com Inc, sedangkan Google Inc dan Microsoft baru saja mengeluarkan tablet atas nama mereka. (AFP/Lila Intana)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)