APTRA Interactive Teller, Solusi Perbankan Terbaru dari NCR

NCR Corporation, perusahaan global penyedia solusi dan teknologi transaksi keuangan, memperkenalkan teknologi transaksi keuangan terbaru, NCR APTRA Interactive Teller, di Jakarta. Perkenalan inovasi terbaru tersebut merupakan bagian dari rangkaian road show “NCR Financial Innovation” di sini. Jakarta sendiri terpilih menjadi kota pertama di kawasan Asia Tenggara pertama yang menjadi tempat peluncuran NCR APTRA Interactive Teller ini.

Kiri-kanan: Stelios Fragkos (Global Sales Vice President, Financial Sales), Bob Tramontano (GM of Services and Business Operations, Financial Line of Business), George Makriyiannis (Regional Director, Financial Solutions, SAPAC Channels) Kiri-kanan: Stelios Fragkos (Global Sales Vice President, Financial Sales), Bob Tramontano (GM of Services and Business Operations, Financial Line of Business), George Makriyiannis (Regional Director, Financial Solutions, SAPAC Channels)

Teknologi berbasis ATM ini diklaim mampu membuat transaksi keuangan para nasabah bank menjadi semakin mudah. Teknologi ini akan membantu nasabah untuk melakukan lebih dari 95 persen transaksi cabang di ATM dengan dibantu oleh petugas teller secara langsung dari jarak jauh hingga di luar jam operasional bank.

Kehadiran NCR APTRA di Indonesia disebut-sebut oleh Stelios Fragkos, Global Sales Vice President Financial Sales, NCR Corporation, sebagai jawaban atas kebutuhan nasabah di negara-negara yang sedang berkembang seperti Indonesia. Dirinya juga menambahkan, NCR berkomitmen untuk menjawab kebutuhan nasabah di Indonesia yang disebutnya masih sangat potensial.

“Kami berkomitmen untuk berinvestasi di pasar yang sedang berkembang seperti di Indonesia. Dengan populasi yang cukup besar ditambah jumlah populasi masyarakatnya yang berusia di bawah 50 tahun cukup banyak, Indonesia masih menyimpan banyak potensi,” tandas Stelios.

Stelios menambahkan bahwa yang terjadi saat ini, bank masih menggunakan biaya yang besar dalam menjalankan bisnis proses dan juga sering mengalami kesulitan dalam hal memperluas jangkauan bank tersebut. Untuk itu, NCR melalui APTRA Interactive Teller, berusaha membantu bank untuk menjawab tantangan-tantangan yang ada.

“NCR berusaha hadir dengan memberikan solusi yang tepat untuk penyediaan layanan perbankan kepada populasi yang tidak terjangkau di daerah terpencil, membantu bank untuk mengembangkan jangkauan mereka, menyediakanlayanan teller kepada wilayah yang kurang terlayani serta merealisasikan layanan yang dijanjikan oleh cabang mereka,” ujar Stelios.

APTRA Interactive Teller milik NCR akan membantu bank-bank di seluruh Asia Tenggara melakukan pendekatan baru untuk mengembangkan cakupan geografis dan fokus dalam mentransformasi lokasi cabang mereka menjadi sebuah lingkungan layanan dan penjualan yang lebih efektif. Namun, seperti dijelaskan Ramses Sigalingging, Direktur Penjualan SAPAC Sales, PT NCR Indonesia, teknologi baru yang dilahirkan NCR ini bukan ingin mengganti konsep transaksi perbankan atau ATM yang sudah ada.

“Apa yang diperkenalkan NCR hari ini bukan lah bertujuan mengganti konsep ATM yang sudah ada, tapi justru menambah jaringan ATM lebih luas lagi,” pungkas Ramses. Ditambahkan lagi, APTRA Interactive Teller akan memudahkan bank untuk menawarkan layanan lengkap setelah jam operasional bank (after-hours full teller service) di lokasi-lokasi yang tidak memiliki kantor cabang bank tersebut.

Teknologi ini juga akan memaksimalkan fitur-fitur canggih yang terdapat di mesin ATM NCR seperti intelligent deposit, pembayaran tagihan, pembukaan rekening baru serta pengajuan pinjaman yang tentunya akan memberikan pelayanan yang jauh lebih optimal bagi para nasabah.

Selain dapat berbicara langsung dengan petugas teller, Interactive Teller juga menyediakan layanan lian yang dapat dilakukan melalui ATM atau perangkat self-service lainnya. Sebagai contoh, nasabah dapat melakukan transaksi secara aman tanpa menggunakan kartu ATM, dan seperti layaknya petugas di kantor cabang, petugas dari jarak jauh juga dapat memberikan akses terhadap nasabah untuk menarik uang dari rekening mereka dengan jumlah yang melampaui batas penarikan tunai harian yang terdapat di ATM pada umumnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)