AR & Co Pamerkan Teknologi Baru Smart Home

Augmented Reality (AR) merupakan salah satu terobosan teknologi baru di Indonesia. Teknologi ini memberikan tampilan yang hidup baik secara langsung maupun tidak langsung. Dari dunia nyata yang elemen-elemen di dalamnya ditambahkan input sensor buatan komputer seperti suara, video, gambar, atau data GPS.

AR berbeda dengan realitas virtual lainnya yang hanya menukar dunia nyata dengan dunia simulasi. AR bertujuan untuk menambah informasi dan makna ke dalam sebuah objek atau tempat yang nyata. Ar akan mengambil objek di dunia nyata kemudian ditambahkan data kontekstual yang dapat memperdalam pemahaman seseorang terhadap objek tersebut.

Nah, AR&Co yang didirikan tahun 2009 menjadi pionir membawa teknologi ini ke bisnis  di Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan AR&Co untuk memperkenalkan produk mereka adalah dengan menyelenggarakan event ARTX (Augmented Reality and Technology Xperience) yang diadakan rutin setiap tahunnya.

Event pertama ARTX diadakan tahun 2012 dengan bekerja sama dengan Bina Nusantara karena memang tujuan dan sasaran pada tahun tersebut adalah tingkat Universitas. Namun, terbuka untuk umum. Dalam event tersebut rangkaian acara yang diadakan adalah seminar, exhibition dan kompetisi. Kompetisi menjadi salah satu rangkaian acara ARTX 2012 karena memang bertujuan untuk menemukan bakat-bakat anak muda Indonesia.

IMG_20151102_145919

Sukses di event ARTX perdananya, di tahun 2013 ARTX diadakan di Vietnam, pada  2014 diadakan di Brunei Darussalam dan 2015 ini kembali ke Jakarta dengan konsep berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Tahun 2015 ini, ARTX mengangkat konsep smart home sehingga pengunjung dapat mengetahui dan merasakan secara langsung dampak teknologi di rumah mereka. Konsep smart home yang dihadirkan pada ARTX 2015 yang diselenggarakan bersama dengan Indocomtech ini menampilkan contoh beberapa ruangan dalam sebuah rumah. Di antaranya ruang tidur, ruang bermain anak dan pintu masuk menuju rumah. Semua pengaturan dalam rumah ini dapat diatur dalam sebuah ponsel pintar dan tentunya software yang sudah disinkronisasikan.

“Kami ingin menunjukkan kerjanya internet yang dipadukan dengan teknologi saat ini seperti apa. Mulai dari pintu masuk rumah hingga sampai ke belakangnya. Sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih jelas kepada masyarakat dan pelaku industri bahwa teknologi dapat diaplikasikan di tempat yang paling dekat dengan kita yaitu rumah," kta  Krisni Lee, Direktur AR&Co.

Tidak hanya menampilkan preview showcase dan konsep smarthome saja, ARTX 015 yang diselenggarakan pada akhir Oktober hingga awal November ini juga  mengajak beberapa perusahaan besar di bidang teknologi Smart Home Solution seperti Samsung, V2 & Sicurezza serta Intel, serta Chandra Karya dan Makedonia menjadi partner dalam pelaksanaan ARTX 2015 ini.

Harga yang ditawarkan AR&Co berbeda-beda karena harus menyesuaikan dengan pemesanan klien. Tapi untuk proyek yang ditangani hingga saat ini harga termurah mulai dari ratusan juta hingga di atas Rp 1 miliar.

Sejak berdiri hingga saat ini AR&Co sudah menangani sekitar 100 proyek baik dari dalam maupun luar negeri. Dengan pertumbuhan sekitar 30% dari tahun 2014 hingga 2015. Strategi yang dilakukan AR&Co untuk dapat terus mengembangkan usahanya adalah dengan terus melakukan promosi secara terus menerus, sehingga AR&Co lebih dikenal klien. Kelak, AR&Co berharap dapat masuk ke seluruh pasar dunia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)