Technology

Astra Aviva Life Mengubah Sistem Manual Menjadi Otomatis

Astra Aviva Life Mengubah Sistem Manual Menjadi Otomatis

Menjalankan bisnis kerja sama dengan Infor SunSystem sejak tahun 1997, Astra Aviva Life berhasil mengubah sistem operasional manual menjadi otomatis dalam periode waktu sebulan. Berikut kutipan wawancara SWA Online dengan Lucy Tanurahardja, Vice President Head, Financial Controller Astra Aviva Life.

Bisakah Anda menjelaskan secara singkat tentang bisnis PT Astra Aviva Life (Astra Aviva Life)?

Sebelum bergabung dengan Grup Astra di pertengahan tahun 2014, perusahaan kami bergabung dengan Group Asuransi Wahana Tata. Dua tahun yang lalu perusahaan kami banyak terlibat di bisnis employee benefit, di mana kami menyediakan berbagai produk perlindungan kesehatan dan jiwa serta perencanaan yang dirancang khusus bagi perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan. Untuk bisnis employee benefit, kami masuk ke dalam top 5. Kemudian, setelah bergabung dengan PT Astra International Tbk kami ingin memajukan/growth bisnis kami di sektor asuransi jiwa / life insurance dengan cara membangun kerja sama dengan salah satu top 10 bank di Indonesia yang memiliki lebih dari 300 cabang dan 2 juta nasabah sebagai partner distribution channel kami. Selanjutnya life bisnis kami mengalami pertumbuhan secara signifikan. Jika dibandingkan tahun lalu, sampai dengan Juni tahun ini pertumbuhan di life bisnis kami sebesar Rp670 miliar, sedangkan tahun lalu untuk di life bisnis hanya Rp185 miliar.

astra aviva

Sebagai perusahaan yang telah beroperasi selama lebih dari 23 tahun, bagaimana organisasi Anda terus berhasil untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dari masa ke semasa?

Kami berusaha memberikan service terbaik kepada para customer seperti kecepatan & ketepatan dalam menerbitkan polis, pembayaran klaim, dan hall lainnya. Selain itu dari sisi penerimaan premi, kami berusaha kerja sama dengan beberapa bank, sehingga penerimaan premi menjadi lebih mudah dan lancar.

Berapa pendapatan premi yang dibukukan saat ini?

Saat ini total bisnis kami telah mencapai peningkatan premi menjadi Rp968 miliar pada tahun 2015. Dari total tersebut sekitar Rp300 miliar berasal dari group health dan Rp600 miliar dari life bisnis.

Bagaimana Anda melihat kebutuhan untuk aplikasi IT guna memenuhi tantangan dalam industri saat ini?

IT akan lebih maju pesat dan semua pangsa bisnis akan mengarah ke digitalisasi. Bagi perusahaan, IT adalah backbone atau pendukung utama dari aktivitas di perusahaan. Dulu sistem manual sehingga kegiatan dan pekerjaan kantor membutuhkan waktu yang lebih lama untuk terselesaikan. Sedangkan ketika bertransformasi ke otomatis melalui sistem dan teknologi, pekerjaan lebih mudah sehingga kinerja pun meningkat.

Mengapa dan sejak kapan Astra Aviva Life mengambil keputusan untuk berkolaborasi dengan Infor?

Astra Aviva Life dan Infor menjalankan perjanjian kerja sama sejak tahun 1997. Pada saat itu saya mengenal Infor SunSystems tidak hanya di Astra Aviva Life. Bagi saya menggunakan Infor SunSystems sangat mudah atau user friendly dalam peng-entry-an. Selain itu jika pakai Infor SunSystems memudahkan penganalisaan data. Dari segi harga juga lebih kompetitif.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan Astra Aviva Life untuk mendapatkan sistem Infor dan berjalan lancar?

Saya memiliki pengalaman yang sangat berkesan dengan Infor, yaitu tahun 2010. Dulu kami masih melakukan pencatatan accounting secara manual. Saya diberikan tantangan/KPI oleh atasan untuk merubah sistem di perusahaan yang saat itu masih manual ke otomatis. Lalu untuk menyelesaikan tugas besar itu saya meminta bantuan Infor untuk membantu merubah sistem tersebut. Saya minta ke Infor jadi dalam satu bulan. Dan mereka berhasil memenuhi permintaan saya. Ini menjadi salah satu alasan Astra Aviva Life untuk tetap percaya melanjutkan kerjasama dengan Infor.

Bagaimana layanan Infor dapat membantu dan mendukung operasi bisnis dan kebutuhan pelanggan Anda?

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, pekerjaan saya di Astra Aviva Life menjadi lebih cepat. Kami lebih mudah mengolah data, menjadikan informasi ke management menjadi cepat dan tepat. Dampak lainnya adalah kami dapat mengakomodasi permintaan customer lebih cepat dan akurat. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved