Asus Zenfone 2 Laser, Harga Irit Fitur Premium

Gebrakan Asus menghadirkan tiga lini Zenfone 2 Laser membuat decak kagum konsumen. Apa saja keunggulannya?

Bagus Pakarti kini bisa bernafas lega. Pasalnya, sudah lama pria 19 tahun itu mendambakan handphone yang memiliki kualitas foto handal. Biasanya smartphone impiannya itu di pasaran harganya selangit. “Tapi, dengan adanya Asus Zenfone 2 Laser, kebutuhan kamera teknologi Laser Auto Focus dengan harga terjangkau mahasiswa bisa dibeli,” ujar mahasiswa semester III jurusan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret, Solo, itu. Maklum, dia dan kawan-kawan sering mendapat tugas kuliah pameran lukisan atau karya seni yang perlu diabadikan momennya untuk kelengkapan laporan ke dosen. Penggunaan teknologi Laser Auto Focus ini dapat mempercepat fokus terhadap obyek fotonya.

Ya, pesona Asus Zenfone 2 banyak memukau penggila gadget. Namun, tidak semua segmen dapat menjangkau produk smartphone premium Asus tersebut. Tapi, Anda tidak perlu khawatir. Dengan tampilan dan fitur yang tidak kalah canggih, Asus kini menghadirkan Zenfone 2 Laser. Desain Asus Zenfone 2 Laser mirip dengan Zenfone 2 yang prestisius dengan prosesor quad core Qualcomm Snapdragon yang lebih hemat energi.

Lima pilihan warna Asus Zenfone 2 Laser Lima pilihan warna Asus Zenfone 2 Laser

Asus menghadirkan tiga varian Zenfone 2 Laser ke pasar gadget Indonesia: yakni berukuran 5 inci, lalu 5,5 inci dan 6 inci. Seluruh smartphone 4G LTE ini sudah dilengkapi teknologi mutakhir dalam fotografi smartphone, yakni Laser Auto Focus. “Dengan harga yang lebih terjangkau, model Asus Zenfone 2 Laser bahkan menyediakan fitur Laser Auto Focus, keseimbangan yang lebih baik antara performa multimedia dan efisiensi energi,” ujar Juliana Cen, Country Product Group Leader Asus Indonesia.

Menurut Juliana, smartphone masa kini tentu tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, tapi juga merupakan sebuah perangkat multimedia. Pada Zenfone 2 Laser, Asus menawarkan keseimbangan yang sempurna antara kinerja multimedia yang baik dengan efisiensi penggunaan baterai.

Bagaimana perfomanya?

Asal tahu saja lini smartphone Zenfone 2 Laser hadir dengan sistem operasi Android 5.0.2 Lollipop dan diperkuat prosesor quad-core hingga octa-core dari Qualcomm. “Seperti diketahui, lini prosesor Qualcomm Snapdragon menawarkan kinerja yang sangat memadai sekaligus efisiensi energi yang hebat,” Juliana menegaskan.

Untuk layar 5 dan 5,5 inci dengan chipset Qualcomm Snapdragon 410 quad-core. Sementara untuk Zenfone 2 Laser berukuran 6 inci, diperkuat chipset Qualcomm Snapdragon octa-core 64 bit. Sementara itu, RAM yang digunakan Zenfone 2 Laser juga dibedakan berdasarkan ukuran layar. Untuk Zenfone 2 Laser dengan ukuran layar 5 dan 5,5 inci, menggunakan RAM 2GB. Sedangkan layar ukuran 6 inci, menyematkan RAM 3GB.

“Asus ZenFone 2 Laser (ZE601KL) ditenagai prosesor Qualcomm® Snapdragon™ 410, menyediakan tenaga terbaik untuk aktifitas pengguna sehari-hari. Teknologi LTE Category 4 menghadirkan kecepatan download sampai 150Mbps,” Juliana menguraikan.

Meski dipasarkan di harga yang terjangkau, namun sama seperti smartphone flagship dari berbagai produsen, Asus Zenfone 2 Laser sudah mengaplikasikan Gorilla Glass 4. Lapisan antigores terbaru dari Corning ini menawarkan daya tahan tahan 2 kali lebih baik saat terjatuh, mereduksi kemungkinan layar untuk pecah hingga 85% dan 2,5 kali lebih kuat dibandingkan dengan lapisan Gorilla Glass 3.

Untuk kenyamanan pengguna, khususnya saat melakukan streaming video dari YouTube lewat konektivitas data kecepatan tinggi 4G LTE, Asus pun menghadirkan Bluelight Filter pada display. Jika diaktifkan, ia akan mengurangi warna biru pada layar, sehingga membuat tampilan dan warna display menjadi lebih lembut. Ini akan membuat mata tidak lekas lelah meski melihat ke layar terus menerus dalam waktu lama, menggunakan aplikasi apapun.

Kameranya dengan teknologi Laser Auto Focus Kameranya dengan teknologi Laser Auto Focus

Bagimana dengan kameranya?

Dari sisi kamera, Asus Zenfone 2 Laser menggunakan kamera utama dengan resolusi 13MP dengan lensa f/2.0 aperture yang mampu mengambil foto dengan resolusi 4128 x 3096 pixel. Dengan dukungan zero shutter lag, pengguna tidak perlu khawatir akan kehilangan momen berharga yang umumnya berlangsung sangat cepat. Yang menarik, kamera tersebut diperkuat fitur Laser Auto Focus.

Teknologi fokus dengan laser ini dapat mempercepat pencarian fokus terhadap obyek foto, baik jarak dekat ataupun jarak jauh, hingga 0,03 detik. Hasilnya, pengguna akan dapat mengambil foto yang lebih fokus dengan cepat dibandingkan sistem fokus biasa. Fitur fokus laser ini juga sangat membantu mendapatkan fokus dengan cepat dan tepat, misalnya saat memotret dalam kondisi kurang cahaya.

Bryan Chang, Vice President Asus menambahkan, “Kemampuan teknologi Laser Auto Focus mencapai 0,03 detik untuk pencarian fokus. Ini lebih cepat bila dibandingkan dengan iPhone 6s. Asus Zenfone 2 Laser juga sudah dilengkapi dengan PixelMaster Camera. Teknologi ini memungkinkan gambar dan video yang ditangkap Zenfone 2 Laser lebih terang hingga 400 persen.”

Didukung teknologi  Asus PixelMaster Camera Didukung teknologi Asus PixelMaster Camera

Betul, dukungan teknologi khas Asus PixelMaster Camera membuat smartphone ini mampu menangkap gambar dan video hingga 400% lebih terang saat dalam kondisi pencahayaan minimal. Jika dibutuhkan, tersedia pula dual-LED (dual tone) flash yang dapat membuat hasil foto terekam dengan warna yang lebih natural. Selain mengambil foto, kamera yang digunakan mampu merekam video dengan resolusi FullHD dengan kecepatan 30 frame per detik.

Untuk melengkapi, kamera depan yang disediakan juga memiliki resolusi yang cukup tinggi yakni 5MP serta dengan aperture f/2.0. Tak hanya resolusi yang tinggi, kamera ini juga mendukung autofocus untuk mendapatkan hasil foto yang lebih baik. Bahkan bagi pengguna yang gemar melakukan selfie, kamera depan juga menyediakan sudut yang lega, hingga 85 derajad. Artinya, akan lebih banyak obyek yang bisa ditangkap dalam foto.

Berapa kisaran harganya?

Dari sisi harga, seperti yang disebut di atas, lebih irit. Untuk Zenfone 2 Laser dengan luas layar 5 inci dipatok Rp 2.099.000; Zenfone 2 Laser layar 5,5 inci dibanderol Rp 2.699.000 dan Zenfone 2 Laser layar 6.0 inci harganya Rp 3.499.000. Jauh lebih murah bukan dibandingkan smartphone lain yang rata-rata di atas Rp 4 juta? Apalagi Asus Zenfone 2 Laser menyediakan lima pilihan warna ciamik Pure Black, Glamour Red, Ceramic White, Hairline Gold, plus Hairline Silver.

Gambaran desainnya seperti apa?

Asus ZenFone 2 Laser memiliki sisi tertipis, hanya 3.9mm. Ukuran mengesankan yang merupakan prestasi dari rekayasa produksi dan desain ergonomis, sehingganyaman saat digenggam. Desain ikonik konsentris lingkaran Asus disematkan di sisi depan dan tombol belakang, untuk menambah keindahan dan efek sentuhan yang unik. Efek ini dihasilkan melalui proses produksi paling presisi yang menghasilkan lingkaran dengan jarak tak lebih dari 0.13mm, menjadikan ZenFone 2 Laser terlihat lebih premium.

Saat merancang ZenFone 2 Laser, Asus memulai dengan apa yang pengguna pikirkan. Hasilnya adalah ZenFone 2 Laser yang memiliki kontrol intuitif, dengan tombol belakang sebagai bagian dari desain lengkung ergonomis. Memotret selfie, mengatur volume dan menjejak langkah pengguna kini terasa lebih alami, meskipun menggunakan tangan kanan atau kiri. Bentuk baru yang elegan lebih terasa aman dan sangat nyaman saat digenggam.

Pencapaian ini diraih dengan mengurangi lebar bingkai layar sekecil mungkin dan membuat Asus ZenFone 2 Laser punya rasio layar terhadap badan perangkat sebesar 72%.

“Saya suka Asus Zenfone 2 Laser selain kamera yang perfeksionis, juga tampilan yang cantik, tipis, ergonomis, sehingga praktis dimasukkan di kantong. Bisa dibawa ke mana saja, termasuk saat meeting,” ujar Yuda Prasetyo, staf pemasaran di perusahaan media yang bermarkas di kawasan Jakarta Pusat itu.

Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan Asus Zenfone 2 Laser, kini tidak ada alasan lagi bagi konsumen untuk menunda pembelian. Siapa saja bisa memiliki smartphone bergengsi asal Taiwan ini, mulai dari remaja, mahasiswa, ibu rumah tangga, pekerja dan everybody yang suka selfie maupun wefie bersama teman-teman. Jangan lewatkan momen berharga tanpa berfoto dengan Asus Zenfone 2 Laser. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)