Avaya Sediakan Solusi Untuk UKM

Bukan perusahaan skala besar saja yang butuh komunikasi yang intens. Perusahaan jenis usaha kecil dan menengah (UKM) juga memerlukan hal yang sama. Akan tetapi, bagaimana bila kebutuhan tersebut dihadapkan pada kondisi sekarang ini, di mana jalan semakin macet, sehingga waktu untuk bertemu pun bisa tersita? Perusahaan global penyedia solusi komunikasi, Avaya, mempunyai jawabannya.

Avaya memiliki solusi terbaru bagi UKM. Kini, pelaku UKM tak perlu melakukan tatap muka secara langsung dalam melakukan pertemuan. Mereka hanya perlu membeli sebuah solusi kolaborasi video Avaya untuk IP Office (Avaya Video Collaboration Solution for IP Office).

Endang Rachmawati, Country Manager Avaya Indonesia

"Ini investasi untuk UKM yang akan mengurangi biaya karena dia nggak usah mengeluarkan uang untuk SPJ (surat perintah jalan atau bertemu)," terang Endang Rachmawati, Country Manager Avaya Indonesia, di Jakarta, Senin (24/6/2013).

Menurut Endang, komunikasi lewat video atau telepon lebih dipilih sekarang ini ketimbang tatap muka secara langsung. Dengan jarak antarpengusaha yang jauh, tentunya komunikasi ini lebih efektif dan efisien.

Pelaku UKM pun kini sudah banyak yang menggunakan sarana telepon dan video mengingat usaha skala ini biasanya juga mempunyai cabang di tempat lain. "Itu kan membutuhkan waktu untuk bepergian," imbuhnya.

Dan untuk melakukan pertemuan dengan menggunakan video sebenarnya sudah ada sarana seperti Skype. Ini layanan yang sifatnya gratis dengan semua orang bisa mengakses. Terkait penggunaan itu, Endang menuturkan, "Kalau dengan Skype, ini kan lebih komoditi. Dalam arti, kualitas pelayanan dan keamanan kita serahkan ke Skype. Kalau ini (Video Collaboration Solution), pelanggan yang punya kontrol dan otoritas siapa saja yang gunakan ini."

Ditambahkan pula oleh Adrian Rozaq, selaku Avaya Solution Consultant, bahwa Skype itu tidak aman. Sudah begitu, penggunaan layanan itu tidak bisa secara beramai-ramai. "Skype kan free dan dia tidak secure. Di internet kan bisa dicolong," ujar Adrian.

Karena itu, Avaya pun menawarkan solusinya, Avaya Video Collaboration Solution for IP Office. "Kami ciptakan teknologi untuk UKM supaya bisa bervideo conference yang nggak mahal," ujar Endang atau Adrian.

Solusi ini memberikan kemampuan kolaborasi video dekstop, mobile, dan HD room-system yang terjangkau dan lengkap. Perusahaan menyebutkan, fitur-fitur yang ditawarkan oleh solusi ini yaitu, pertama, integrasi langsung termasuk paket common dial dengan Avaya IP Office Version 8.1. Kedua, ruang konferensi virtual hingga 8 partisipan dengan kemampuan click-to-join dari sistem ruang standar apa saja, desktop, sampai perangkat mobile.

Ketiga, konferensi video HD Multi-party dengan data bandwith rendah dan kolaborasi data yang kaya melalui native SIP/H.323. Selain tiga fitur itu, ada pula fitur-fitur lain yang ditawarkan Avaya. "(Ini) bisa persentasi jarak jauh dengan banyak orang. Bukan satu per satu," Adrian menambahkan.

Endang pun menuturkan, UKM yang disasar oleh solusi anyar ini adalah mereka yang mempunyai lebih dari satu cabang. Selain itu, usaha pun melakukan banyak komunikasi secara internal. "Ketiga, pekerjanya banyak yang mobile," tandasnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)