Bagi Yang Anti-Macro Excel, Fitur Ini Cukup Berguna

Bagi pengguna Microsot Excel yang belum familiar dengan macro dan formula, tidak ada salahnya mencoba Excel 2013. Sejumlah fitur yang ditambahkan dalam versi terbaru ini mempermudah pengguna melakukan beberapa hal yang sebelumnya hanya dipahami pengguna Excel tingkat lanjut.

Flash Fill menampilkan pop-up nama depan berdasar pola cell pertama

Macro dan Formula biasanya digunakan untuk melakukan tindakan berulang dengan pola tertentu di Microsoft Excel. Pengetahuan tentang bahasa pemrograman sedikit banyak dibutuhkan dalam fitur ini. Hal tersebut tentu bukan perkara mudah bagi pengguna Excel pemula. Untungnya, Excel 2013 menambahkan Flash Fill yang mampu membaca pola pengguna dan melengkapi cell lain secara otomatis tanpa Macro maupun Formula. “Untuk kebutuhan sederhana, ngapain pakai macro?” Arthur Renaldy, Solution Specialist Microsoft Indonesia bertanya retoris.

Saat mendemokan Word 2013 bersama SWA Online, Arthur mencontohkan membuat kolom Nama Depan. Sebelumnya, sudah ada kolom Nama yang berisi nama lengkap dan kolom lain, misal Umur. Pada cell pertama kolom Nama Depan SWA Online mengetik nama "Ario" sebagai nama depan "Ario Fajar". Begitu SWA Online mengetik huruf pertama di cell berikutnya, Excel langsung menampilkan pop-up berisi nama depan. Cukup  dengan menekan "Enter", jadilah kolom tersebut berisi nama depan reporter SWA Online yang telah tertulis di kolom pertama.

Kemampuan membaca dan mempelajari pola pengguna ini juga menjadi dasar fitur baru lain seperti Recommended Chart, Recommended Pivot Table, dan Quick Analysis. Dari tabel data sederhana yang telah dibuat, pengguna dapat membuat grafik secara lebih mudah melalui Recommended Chart. Fitur ini menawarkan beberapa tipe grafik yang dapat digunakan untuk data atau tabel yang ada. Hal serupa ditawarkan juga pada Recommended Pivot Table yang mempermudah pengguna memilih model tabel pivot yang sesuai untuk datanya.

Tampilan Quick Analysis

Quick Analysis merupakan fitur baru Excel 2013 yang muncul dari sebuah ikon kecil. Ikon tersebut muncul setelah pengguna memblok tabel yang hendak dianalisis tepat di pojok kanan bawah data yang diblok. Dari ikon kecil ini, pengguna dapat menampilkan visualisasi data dengan berbagai cara seperti memformat data berkarakter tertentu hingga membuat grafik dan tabel. Semua itu dilakukan hanya dengan satu klik.

Saat SWA Online menjajal Excel 2013, Selasa (8/1), tampak bahwa Microsoft Office 2013 melakukan banyak perubahan dari sisi antarmuka pengguna (UI, user interface). Misalnya, setelah pengguna membuat sebuah grafik, tiga ikon kecil muncul di samping grafik bila pointer diarahkan ke grafik tersebut. Ketiga ikon yang dimaksud adalah “Chart Elements”, “Chart Styles”, dan “Chart Filters”. Ketiga ikon tersebut berfungsi untuk mengubah elemen data, model grafik, atau menyaring data yang ditampilkan dengan sekali klik. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)