Balesin.id Bantu Merek Maksimalkan WhatsApp sebagai Kanal Penjualan

PT Jualan Online Indonesia perusahaan yang fokus di chatbot komersil, terus berinovasi mengembangkan solusi pesan yang dapat membantu perusahaan atau merek meningkatkan kinerja bisnisnya. Sebelumnya, perusahaan yang dikenal dengan BJtech, sukses dengan produknya Bang Joni, sebuah conversation platform berbasis Artificial Intelligence (AI) dan machine learning technology. Sekarang, melalui Balesin.id mengembangkan produk messaging apps yang bisa meningkatkan efektivitas penjualan perusahaan.

Semakin fokusnya BJtech mengembangkan produk messaging apps, selaras dengan hasil riset App Annie, yang menyebut waktu penggunaan aplikasi mobile non-game pada kuartal kedua 2020 naik 25 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Sedangkan riset FKUI selama pandemi, terutama pada April-Juni 2020 waktu rata-rata penggunaan gawai masyarkat Indonesia meningkat hingga 11,6 jam per hari.

"Kami juga melihat di masa pandemi ini, terjadi perubahan perilaku kebiasaan masyarakat Indonesia dalam berbelanja. Anjuran pemerintah agar masyarakat di rumah saja, demi menekan penyebaran virus corona baru ini membuat kegiatan belanja ke luar rumah berkurang drastis, sehingga aktivitas berbelanja lebih banyak rumah saja secara online," kata Diatce G. Harahap, CEO Balesin.id (14/10/2020).

Maka itulah, Balesin.id yang sebelumnya mendapat pendanaan dari Stellar Kapital dan GDI (Global Digital International) mengembangkan fitur Chat Commerce yang memudahkan konsumen berbelanja melalui aplikasi WhatsApp, salah satu aplikasi chatting favorit masyarakat Indonesia. Data WeAre Social menyebut pengguna internet di Indonesia pada awal tahun ini mencapai 175,2 juta lebih dari 85\% adalah pengguna aplikasi pesan WhatsApp tentu saja ini potensi luar biasa untuk kanal pemasaran.

Menurut Diatce, BJtech telah berpengalaman sejak tahun 2015 pengembangkan platform pesan dengan teknologi AI, dengan klien seperti BNI, Coca Cola, Frestea, BFI. Kemudian bersama Sari Roti, BJtech mengembangkan Balesin.id mengembangkan fitur Chat Commerce melalui aplikasi pesan WhatsApp. "Tidak hanya siap melayani setiap pertanyaan pelanggan secara otomatis, fitur Chat Commerce dari Balesin.id menyediakan mini-website yang bisa dimanfaatkan penjual untuk menampilkan barang-barang dagangan mereka. Mini-website ini memudahkan pembeli untuk melihat-lihat produk beserta detailnya, kemudian melakukan pembelian tanpa keluar dari layar chatting," jelasnya.

Diatce menambahkan, Balesin.id juga mengembangkan fitur-fitur lain untuk mendukung proses jual-beli online menjadi lebih mudah, seperti kalkulasi biaya dan ongkos kirim otomatis, integrasi dengan payment gateway dan logistik pilihan, dashboard untuk memantau aktivitas penjualan toko online, hingga data analitik untuk mencapai penjualan yang maksimal.

Monintja Chief Marketing Officer PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. mengatakan solusi ini merupakan upaya Sari Roti yang selalu ingin melakukan inovasi yang terbaik untuk konsumen, dan melihat adanya situasi pandemi seperti sekarang ini, semakin membuat Sari Roti untuk selalu bisa memberikan service excellence. "Salah satu yang kami lakukan adalah dengan membuat proses ordernya lebih mudah dan nyaman melalui Chat Commerce di WhatsApp," ujarnya.

Didukung oleh teknologi kecerdasan buatan berbasis chatbot, Balesin.id memposisikan diri sebagai admin otomatis toko online yang siap menjawab pertanyaan pelanggan dengan tepat dan cepat. Pengembangan yang dilakukan oleh Balesin.id, merupakan alternatif baru untuk berjualan dan belanja online. Penjual tidak perlu menjawab ratusan chat pelanggan satu per satu, sementara pembeli juga tidak khawatir karena pertanyaan mereka akan dijawab kapan pun, selama 24 jam. 

“Salah satu klien Balesin.id yang sudah menggunakan fitur Chat Commerce di WhatsApp telah berhasil menunjukkan hasil positif seperti kenaikan di jumlah order dan revenue setiap bulannya sampai lebih dari 200\%. Menurut saya, di masa pandemi justru kesempatan brand-brand untuk meningkatkan customer engagement-nya melalui platform yang paling banyak digunakan masyarakat," kata Diatce.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)