Banyak Perusahaan Belum Serius Simpan Data

Di era transformasi teknologi informasi dan komunikasi, belum banyak perusahaan yang serius menyimpan data perusahaannya. Tak heran bila data center (DC) dengan disaster recovery center (DRC) masih belum dipandang vital. Padahal DC tak hanya menyangkut data dan informasi rahasia perusahaan, tetapi juga bagian dari pertahanan negara. Begitu rahasianya informasi di DC, direktur bahkan CEO perusahaan data center sendiri dilarang masuk ke area tersebut.

Hendra Suryokusumo, Chief Marketing Officer Elitery

Aturan tersebut diterapkan oleh perusahaan DC, PT Data Sinergitama Jaya alias Elitery. Untuk menjaga kerahasiaan data dari kliennya, hanya orang-orang tertentu yang diperbolehkan masuk ke gedung DRC. “Saya tidak boleh masuk. Pak Kresna, CEO kami juga tidak boleh masuk,” ungkap Hendra Suryakusuma, Chief Marketing Officer Elitery.

Hendra menuturkan, yang mempunyai akses masuk ruang DC hanya tim operasional, tim vendor yang mengurusi instalasi, dan klien. Klien pun hanya bisa mengakses rak mereka sendiri. Misalkan CEO Elitery hendak masuk ke area DC, ia harus meminta izin klien yang mempercayakan raknya di tempat tersebut.

Konsumen potensial bisa mengakses ketiga lantai tempat rak DC diletakkan dengan beberapa prosedur. Ia harus mendaftar setidaknya sehari sebelum berkunjung untuk kemudian dilakukan screening oleh tim Elitery. Mereka juga tidak diperkenankan membawa alat perekam apapun.

“Gaya bekerja kami seperti militer, strict rules,” kata Hendra. Tim Elitery yang punya akses pun telah menandatangani perjanjian, menjaga kerahasiaan data yang ada. Sanksinya cukup berat yaitu dipecat.

Ketatnya penjagaan DC Elitery membuat Pemerintah Kota Bogor menganggap gedung DRC Elitery sebagai gedung vital yang harus dijaga ketat. Tak hanya polisi, sepasukan pengaman dari Kodim pun turut menjaga gedung tersebut. “Orang sekitar sini malah mengira gedung kita itu gedung BIN (Badan Intelijen Negara) karena tertutup sekali,” pungkas Hendra kepada SWA Online. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)