Big Data Ciptakan Budaya Baru Perusahaan

Penggunaan teknologi Big Data pada perusahaan dinilai mampu mengubah budaya perusahaan dalam mengambil kebijakannya. Hal ini disebabkan, pemanfaatan teknologi Big Data mampu membaca perubahaan data yang terjadi sehingga perusahaan mampu mengambil keputusan yang tepat dalam mengembangkan bisnisnya.

Big data

Adi Rusli, Country Manager EMC Indonesia, mengatakan bahwa perusahaan yang telah menggunakan teknologi Big Data mampu meningkatkan kinerja perusahaan. “Inovasi yang diperoleh perusahaan dengan Big Data sangat signifikan. Perusahaan ada yang mengambil keputusan berdasarkan hierarki atau feeling pimpinan. Tapi ada juga berdasarkan data. Big Data bisa membantu perusahaan untuk mengambil keputusan berdasarkan data yang diperoleh,” kata Adi.

Ia juga menambahkan bahwa Big Data mampu memaksimalkan efisiensi perusahaan tanpa mengurangi produktifitas bisnis. “Divisi IT dapat menjadi pusat pendapatan sekaligus penggerak bisnis perusahaan. Strategi Big Data yang ditunjang dengan infrastruktur mampu memberikan ROI yang berlipat ganda dan peluang bisnis baru,” tambah Adi.

Sedangkan menurut Rachmat Gunawan, Direktur CTI Group mengatakan bahwa untuk memaksimalkan penggunaan Big Data, CTI Technology Center memberikan layanan kepada perusahaan-perusahaan. “Layanan kami didukung oleh lebih dari 130 technical engineer yang ahli dari server, storagem database, middleware hingga sistem keamanan,” ungkap Rachmat.

Untuk menyosialisasi pemanfaatan Big Data, PT Computerade Technology International mengadakan CTI IT Infrastructure Summit 2014 dengan tema penggunaan Big Data. Rachmat berharap perusahaan-perusahaan mampu mengembangkan bisnisnya dengan teknologi tersebut. “Kegiatan ini bisa memberikan informasi kepada para CEO perusahaan mengenai pentingnya Big Data dalam dunia bisnis saat ini,” imbuhnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)