BINUS dan UI Bekerja Sama Persiapkan Digital Talent

Perkumpulan Chief Information Officer Indonesia (iCIO Community) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) dan Universitas Bina Nusantara (Binus) untuk meningkatkan program pendidikan digital serta memperkuat relasi dunia bisnis dan pendidikan dalam membangun talent pipeline di bidang teknologi komunikasi dan informasi (TIK) di Indonesia.

Ongki Kurniawan, Sekretaris Jenderal iCIO Community, mengatakan, di era digital ini terbuka kesempatan kerja yang luas namun hampir semua CIO yang menjadi anggota iCIO Community mengaku kesulitan merekrut SDM yang memiliki skill dan pengetahuan digital yang cukup, hal ini menurutnya yang menjadi salah satu latar belakang kerja sama tersebut.

“Hal ini tidak hanya dialami pelaku bisnis di Indonesia melainkan juga di seluruh dunia. iCIO Community ingin bekerjasama dengan institusi pendidikan tinggi untuk membantu mahasiswa meningkatkan kapasitas dan kapabilitasnya sehingga lebih siap terjun di industri yang berkembang sangat cepat ini. Kami sangat senang bekerjasama dengan FTUI dan Binus melalui berbagai program untuk membangun digital talent,” ujar Ongki.

Ongki melanjutkan, iCIO Community akan bekerjasama dengan FTUI dan Binus dalam pengembangan kurikulum, penyediaan informasi kesempatan praktik kerja di perusahaan-perusahaan dimana para anggota iCIO Community bekerja, guest lecture hingga kegiatan penelitian. iCIO Community juga akan mendorong kerjasama dunia bisnis dengan perguruan tinggi dalam inovasi digital yang ditujukan untuk membantu transformasi digital di lingkungan bisnis di Indonesia.

“Kerjasama iCIO Community dan FTUI telah dimulai sejak satu tahun yang lalu melalui program iCIO Contribute dengan menghadirkan para CIO untuk membagi pengetahuan dan pengalaman terkait berbagai praktik-praktik teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di lingkungan bisnis dan Focus Group Discussion untuk membahas Lima Tantangan Ekosistem TIK Indonesia bagi para CIO. Melalui MoU ini kedua belah pihak juga sepakat untuk terus meningkatkan kerjasama tersebut,” lanjut Ongki.

Dedi Priadi, Dekan Fakultas Teknik UI, mengatakan akans ecara konstan memperbaharui kurikulum pendidikan dalam rangka membekali para mahasiswa dengan bekal skill dan pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan implementasi bisnis di dunia.

“Era digital menuntut perubahan dalam segala aspek kehidupan mulai dari cara berbisnis hingga kehidupan sehari-hari. Dengan demikian menjadi krusial bagi FTUI selaku institusi pendidikan untuk mempersiapkan SDM yang memiliki skill maupun pemahaman menyeluruh terkait digitalisasi,” tutur Dedi.

Idris Gautama, Wakil Rektor Binus, yang juga menjadi pembicara dalam acara yang dihadiri oleh Menteri Rudiantara tersebut, mengungkapkan bahwa alah satu kunci kesuksesan dari misi pemerintah Indonesia untuk menjadi kekuatan ekonomi digital terbesar di kawasan Asia Tenggara sangat ditentukan oleh kesiapan SDM.

“Program-program tersebut diharapkan bisa lebih meningkatkan pemahaman para mahasiswa Binus terkait berbagai tantangan yang dihadapi berbagai perusahaan di Indonesia di tengah perubahan lingkungan bisnis yang demikian cepat yang salah satunya dipicu oleh perkembangan teknologi, serta pengembangan kemampuan mahasiswa untuk lebih adaptif, kreatif serta inovatif yang akan menjadi nilai tambah di dunia kerja,” ungkap Idris.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)