Bonza Gunakan Algoritma Pantau Infeksi COVID-19

Satu lagi startup yang berhasil meraih seed funding melalui East Ventures, yaitu Bonza, perusahaan analisis big data yang mendukung organisasi dan bisnis dalam menghimpun data, baik terstruktur maupun tidak terstruktur, dari sumber yang berbeda untuk membantu proses pengambilan keputusan dan kebijakan berbasis data dalam skala yang optimal.

Co-founder Bonza, Elsa Chandra, mengatakan, misi Bonza adalah membantu perusahaan menerjemahkan data yang mereka punya dari berbagai sumber, baik terstruktur maupun tidak, mengintegrasikan data tersebut, kemudian menggunakan solusi artificial intelligence dan machine learning untuk membantu mereka mengambil keputusan dalam skala yang optimal.

Dua co-founder Bonza, Elsa Chandra dan Philip Thomas, bertemu saat bekerja di Traveloka. Mereka merasakan manfaat model big data dalam pengambilan keputusan  bisnis di Traveloka, dengan mengakselerasi penyajian dan meningkatkan kualitas wawasan (insight). Mereka mendirikan Bonza untuk menggarap peluang dalam membantu perusahaan lain memanfaatkan big data secaraefektif dalam pengambilan keputusan.

Bonza membangun sebuah produk yang bisa digunakan oleh semua orang di perusahaan, mulai dari analis data yang membutuhkan produk untuk menyederhanakan proses pengolahan data hingga pemimpin perusahaan dan frontline yang membutuhkan data dalam mengambil langkah yang tepat.

Selain itu, Bonza membantu meningkatkan kualitas data dan mengintegrasikan data dari berbagai sumber menjadi single source of truth. Hal ini memastikan tidak ada sekat informasi antardivisi dan memberikan manajemen sudut pandang 360 derajat ke seluruh data perusahaan.

Managing Director East Ventures, Willson Cuaca mengatakan Bonza juga mendukung upaya pemerintah dalam menahan laju penyebaran COVID-19, menggunakan algoritme matematika untuk menampilkan peta Rt seluruh provinsi Indonesia dan regional Asia Tenggara.

“Indonesia membutuhkan data yang bisa menjadi acuan dampak keputusan tersebut terhadap laju penyebaran virus COVID-19 di masyarakat. Diharapkan dashboard yang dibangun oleh Bonza bisa menjadi informasi tambahan dan sebagai pembanding,” kata Willson.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Tags:
Bonza

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)