Bubu.com Sukses Rampungkan Startup Hunt Roadshow IDByte 2013

Setelah 14 hari berlalu, Bubu.com menyatakan telah merampungkan rangkaian acara startup hunt roadshow di empat kota. Acara yang merupakan bagian dari rangkaian acara IDByte 2013,  kali ini mengusung tema “Membangun Perusahaan Kelas Dunia” dan dilakukan di empat kota, yaitu Surabaya, Bandung, Yogyakarta, dan Jakarta. Rangkaian roadshow ini sendiri dilaksanakan mulai dari tanggal 15 April hingga tanggal 29 April 2013 kemarin, dan dalam pelaksanaannya berusaha mencari tiga perusahaan startup lokal terbaik dari setiap kota; yang kemudian akan dinilai lagi oleh tim penjurian demi mencari 1 pemenang dari 12 startup tersebut.

Meski pencarian startup ini telah usai dilaksanakan, namun pengumuman mengenai siapa saja startup yang berhasil menjadi yang terbaik masih harus menunggu waktu. Para pemenang startup hunt ini nantinya akan diumumkan pada saat malam penghargaan Bubu Awards V.08, dan akan diberi kesempatan untuk mengikuti perjalanan ‘Geeks on a Plane’ berikutnya ke Latin Amerika atau Timur Tengah, menghadiri sesi pendampingan (mentoring) bersama pengusaha Sandiaga Uno, kesempatan mendapat investasi dari Dave McClure, pendiri ‘500Startups’ sebesar US$ 50 ribu, serta kesempatan memenangkan hadiah tunai dari Indonesia Setara sebesar Rp 25 juta.

“Kami melihat potensi yang besar dikalangan startup-startup di Indonesia untuk dapat menembus pasar internasional. Ada empat kriteria yang kami lihat saat roadshow tersebut yaitu keaslian, eksekusi, potensi bisnis dan penyampaian” ujar  Shinta Dhanuwardoyo, Founder dan Chairman Bubu.com.

Sebagai salah satu pembicara utama tahun ini, Dave McClure  akan memberi workshop bagaimana cara membangun perusahaan kelas dunia, serta memperkenalkan program ‘Geeks on a Plane’ dimana 1 pemenang IDBYTE start-up hunt akan mengikuti perjalanan bersama perusahaan-perusahaan start-up lain dari seluruh dunia. ‘Geeks On A Plane’ merupakan sebuah program yang dicetuskan oleh organisasi global ‘500 Startups’ dari Silicon Valley dan menyelenggarakan perjalanan ke berbagai negara bersama perusahaan-perusahaan start-up,investor dan eksekutif untuk berbagi ilmu dan mengembangkan pasar teknologi di dunia.  

Selain pencarian startup di ke-4 kota tersebut, IDByte juga menyelenggarakan workshop dengan tema Building The Next World Class Company.  Beberapa tokoh yang menjadi juri dan memberikan workshop pada roadshow tersebut antara lain adalah: Khailee Ng,  Co-Founder Grouspmore dan Says.com, Accelerator 500 Startups, Bernhard Soebiakto, CEO and Founder of Octovate and Fimela.com, Calvin Kizana,  Founder and CEO of PT Inovidea Magna Global, Ryu Kawano, Co-Founder at PT Midtrans, Harry K. Nugraha,  Director Strategic Business Development, Intel IndonesiaTim Marbach, Founding Partner of Asia Venture Group, Stefan Jung, Co-Founder/Managing Director Rocket Internet SEA, Noni Aryanti Purnomo, Vice President of Business Development Blue Bird Group, Shinta Dhanuwardoyo, Founder of Bubu.com and Managing Partner at Nusantara Venture.

IDByte sendiri merupakan program yang diadakan Bubu.com yang dimaksudkan untuk mencari perusahaan startup lokal yang memiliki potensi untuk dikembangkan lebih luas lagi. Selain itu, dengan diadakannya program seperti ini, Bubu.com bercita-cita untuk mendapatkan dan membangun startup di Indonesia menjadi startup dengan level internasional.

Pada IDByte 2013 kali ini akan meliputi tiga hari konferensi, workshop, pameran dan malam penghargaan (Bubu Awards V.08) yang mengangkat topik terhangat di industri digital. Sebagai pengembangan dari Bubu Awards, tahun ini akan diselenggarakan ID Byte pada 11-13 Juni 2013 di Ritz-Carlton, Pacific Place, Jakarta. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)