Technology Trends

Bukalapak Jadi Salah Satu High Growth Companies di Asia Pasifik

Warung Mitra Bukalapak.

Bukalapak diakui oleh Financial Times sebagai perusahaan dengan tingkat pertumbuhan tertinggi ke-14 di Asia Pasifik atau ke-2 di Indonesia dengan laju pertumbuhan majemuk tahunan (Compound Annual Growth Rate/CAGR) sebesar 255,5% dan tingkat pertumbuhan pendapatan (Absolute Revenue Growth Rate) sebesar 4,393.2% dalam kurun waktu tahun 2015 – 2018.

Financial Times bersama dengan mitra penelitinya, Statista, telah menyusun FT 500 High Growth Companies Asia Pacific 2020 yang berisi daftar 500 perusahaan dengan pertumbuhan tertinggi antara tahun 2015 – 2018 di kawasan Asia Pasifik dari berbagai sektor.

Pandemi COVID-19 juga tidak menyurutkan pertumbuhan Bukalapak yang saat ini telah memiliki 92 juta pengguna yang tersebar di seluruh Indonesia. Selama bulan Maret 2020, Bukalapak mencatat kenaikan nilai transaksi sebesar 20% dari bulan sebelumnya. Kenaikan ini didorong oleh tingginya transaksi produk bahan pokok yang pada bulan Maret mencapai 3.5x dan produk makanan minuman mencapai 2x nilai transaksi pada bulan sebelumnya. Bumbu herbal, bumbu instan, dan minuman herbal seperti jahe menjadi produk makanan minuman yang paling dicari selama bulan Maret 2020.

Seiring dengan tingginya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan, Bukalapak juga mencatat kenaikan yang sangat signifikan terhadap permintaan masker yaitu sebesar 90% dibandingkan bulan sebelumnya. Permintaan terhadap produk vitamin juga mengalami kenaikan sebesar 30% selama bulan Maret 2020.

Antusiasme yang tinggi juga datang dari masyarakat yang berkegiatan di rumah. Kategori produk hobi dan games naik sebesar 70% selama bulan Maret 2020. Produk seperti koleksi, mainan, makanan hewan peliharaan, aquarium dan aksesoris serta peralatan berkebun menjadi produk yang paling diminati selama bulan Maret 2020.

Sebagai perusahaan tech commerce yang lahir dan besar di Indonesia, Bukalapak bertekad untuk menciptakan perekonomian yang adil untuk semua. Melalui platform online dan offline-nya, Bukalapak memberikan kesempatan dan pilihan kepada semua orang untuk terlibat kemajuan ekonomi nasional.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved