Cara Aman Belanja Online Ala Norton

Dalam satu detik, tindak kriminal di dunia online (cyber crime) diperkirakan mencapai 18 orang. Dari kartu kredit saja kerugiannya bisa mencapai US$ 110 miliar secala global atau US$ 197 per korban. Sementara cyber crime makin marak, transaksi online pun semakin tinggi termasuk belanja online. Oleh karena itu Norton membagikan beberapa tips aman berbelanja secara online.

Effendi Ibrahim Effendi Ibrahim

"Pertama, pilih halaman website yang baik dan sudah populer," kata Effendi Ibrahim, Norton Internet Safety Advocate and Director untuk Asia. Menurut pria asal Malaysia ini, ciri website yang tidak aman adalah jumlah pengunjung yang sangat sedikit dan meminta PII, Personally Identifiable Information alias info identitas pribadi.

Cara aman kedua adalah memastikan halaman website toko online tersebut mempunyai security protocol yang baik. Effendi menjelaskan, "halaman itu harus bisa melindungi pengguna juga."

Yang ketiga adalah menggunakan kartu kredit, bukan kartu debit. "Kalau terjadi cybercrime melalui kartu kredit, masalahnya bisa diperbincangkan dengan pihak bank sehingga uang pengguna kembali. Tapi kalau kartu debit kan tidak bisa. Hilang, ya sudah," Effendi menuturkan dalam peluncuran Norton 360 Multi Device, Rabu (10/10).

"Gunakan security software yang bagus, bukan basic anti-virus," tegas Effendi. Kepada Reporter SWA Online, Effendi mengungkapkan bahwa saat ini banyak sekali situs palsu yang menampilkan halaman mirip dengan aslinya.

"Ketika kita klik facebook.com, misalnya, dia menampilkan halaman Facebook. Tapi padahal itu sebenarnya bukan halaman asli, cuma mirip. Tujuannya adalah mendapat input PII pengguna." Security software yang disarankan Effendi untuk kegiatan online bukan hanya anti-virus dimana pengguna masih perlu klik-kanan untuk melakukan scanning. Menurutnya, security software harus bisa secara otomatis mendeteksi apakah halaman situs yang dikunjungi pengguna aman atau tidak.

Leave a Reply

1 thought on “Cara Aman Belanja Online Ala Norton”

wah ternyata ada tips tersendiri, saya baru tahu akan hal bermanfaat ini :)
by ricoademandana, 30 Nov 2012, 18:39

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)