Cloud Computing untuk Industri Layanan Kesehatan

 

1

Banyaknya rumah sakit yang mempertahankan informasi pasien dan administrasi fisik berbasis kertas, pengelolaan data untuk layanan kesehatan menjadi mahal, boros waktu dan tidak scalable. Rata-rata, setiap rumah sakit akan menghasilkan 665 terrabit data pada tahun 2015. Jumlah tersebut setara 806 ribu kopi film. Belum lagi arsip medis seperti Xray Scan dan lainnya yang akan meningkat sebesar 20-40% per tahun. Dengan jumlah yang sedemikian besar, rumah sakit-rumah sakit di Asia Pasifik akan menghasilkan emisi karbon dua kali lebih besar dibandingkan keseluruhan emisi karbon di India tahun 2010 .

Teknologi cloud computing menjadi solusi bagi pengelolaan data yang terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Dengan teknologi cloud computing saat ini, akan banyak kelebihan yang dapat dirasakan, termasuk oleh industri layanan kesehatan.

Menurut infografik yang dirilis NetApp, perusahaan penyedia layanan cloud computing, dengan teknologi tersebut, rumah sakit tidak perlu menyediakan ruang penyimpanan fisik, terjadi pengurangan biaya TI sampai 50%, ketersediaan data dan informasi pasien 24/7, penghematan sebesar US$ 106 miliar, dan jaringan informasi yang tak bercela.

3

Dengan layanan private cloud, pelaku indusri layanan kesehatan dapat menyimpan informasi sensitif dengan aman. Catatan kesehatan pasien dapat dikonsolidasi, dibagikan dan diakses oleh para dokter dari mana pun. Sementara itu, dengan layanan public cloud, pelaku industri kesehatan dapat memberikan akses terbuka untuk community sharing. Pasien pun dapat mengakses catatan kesehatan mereka melalui cloud serta berinterksi dengan para dokter melalui aplikasi layanan kesehatan.

Selain itu, perawatan pasien pun dapat dikembangkan dalam bergaam cara. Pasien yang berlokasi di daerah terpencil dapat menggunakan cloud untuk mengakses tenaga medis ahli yang berlokasi di pusat kota. Kemudian teknologi Telehealth juga dapat semakin meningkat penggunaannya, menjangkau lebih banyak pasien di daerah terpencil sehingga mereka tidak perlu melakukan perjalanan jauh. Selain itu, dokter dapat meninjau hasil diagnosa pasien dari manapun. Dengan pemanfaatan cloud pula, layanan kesehatan yang bekelanjutan, fleksibel dan efisien akan tersedia. 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)