Conmedia Persiapakan Kekuatan Baru Melalui Social Science

Untuk ketiga kalinya Universitas Multimedia Nusantara (UMN) bekerja sama dengan Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE), menggelar International Conference on New Media Studies (Conmedia), forum yang mempertemukan para praktisi dan akademisi dunia. Forum ini wujud nyata dari kolaborasi antara ilmu desain dan teknologi ICT yang sejalan dengan visi dan misi UMN yaitu untuk menjadi kampus berbasis teknologi ICT dan multimedia. Diharapkan dapat menjadi ajang pengembangan network sekaligus forum resmi yang dapat berkontribusi bagi dunia akademis serta praktisi, dengan mngusung tema "Global Society and New Media".

Tidak hanya mengulas bidang teknologi, forum ini juga hadir dengan topik-topik baru yang hangat diperbincangkan dunia baik di bidang Business Intelligence, Interaction Design, New Media, serta Internet of Things. Salah satu sebab Business Intelligence menjadi penting untuk diperbincangkan adalah karena memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dituntut untuk mendongkrak profesionalisme pada bidang-bidang yang lebih spesifik. Salah satunya teknologi Business Intelligence.

Dr. Ninok Leksono, Rektor UMN, memberikan sambutan dan selamat datang kepada para peserta Dr. Ninok Leksono, Rektor UMN, memberikan sambutan dan selamat datang kepada para peserta

Hasil riset dari Linkedin menyebutkan bahwa permintaan dunia terhadap kemampuan di bidang Business Intelligence menempati peringkat pertama di tahun 2015. Dalam pemanfaatannya, teknologi Business Intelligence memiliki manfaat untuk membantu para pemangku kepentingan agar dapat mengambil keputusan dengan lebih efektif dan efisien.

Business Intelligence juga telah diterapkan pada negara-negara maju seperti Korea Selatan. Pada kesempatan kali ini, Prefesor Jin-Ro Lee dari Department Advertisement and PR, Youngsan University juga akan membahas mengenai penerapan teknologi Business Intelligence di perusahaan-perusahaan raksasa Korea Selatan seperti Samsung Electronics dan Hyundai Motors.

Terlebih lagi, Selain itu, permintaan di sektor kreatif seperti Interaction Design juga menunjukkan angka yang tinggi. Salah satu fokus utama yang menjadi perhatian dunia adalah di bidang User Interface Design. Pada kesempatan kali ini Profesor Kiyoshi Tomimatsu dari dari Fakultas Design Universitas Kyushu Jepang juga akan memaparkan mengenai penggunaan User Interface Design, Game Design, serta Interactive Design System yang memiliki nilai tinggi di Jepang.

Dalam Conmedia tahun ini, puluhan praktisi serta akademisi dari berbagai negara di dunia akan berkontribusi dalam pemaparan ilmu di bidang penerapan Business Intelligence, New Media, serta Interactive Design. Hal ini juga sebagai bentuk kontribusi UMN bagi negara dalam menyediakan talent di bidang kreatif dunia salah satunya di bidang Interactive Design.

Para peserta akan memaparkan paper-paper yang telah mereka buat sehubungan dengan beberapa kategori seperti Business Intelligence, E-learning & Educational Technology, Strategic Information System, Visualization Technology, User Interaction & Experience, dan Embedded System.

FriskaNatalia, PhD, Co-Chair Conmedia 2015 juga memaparkan kesiapannya dalam pelaksanaan konferensi bertaraf internasional ini. “Saya yakin CONMEDIA 2015 akan lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini juga terlihat dari jumlah pesertanya yang meningkat serta keynote speaker yang beragam baik dari nasional maupun internasional seperti Tiongkok, Jerman, Korea, UK, dan Malaysia.”

Ke depannya Conmedia akan diadakan secara continues dan dapat mengangkat tema yang tidak hanya di bidang teknologi dan desain, tapi juga di ranah sosial seperti komunikasi dan lain-lain. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)