Dana Dorong Digitalisasi UMKM Joglosemar

Platform Dana mengadakan edukasi dan pemberdayaan guna mendorong percepatan digitalisasi UMKM dalam Festival Joglosemar 2021 di Yogyakarta, Solo, dan Semarang. Festival bertema Artisan of Java ini adalah bagian dari perayaan tahun kedua Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Selain itu, ada temu komunitas UMKM #BarengDANA di Yogyakarta. Kegiatan tersebut didukung penuh oleh Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Kemenkomarves) serta Kantor Perwakilan Bank Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta.

CEO dan Co-founder Dana, Vince Iswara mengatakan bahwa dengan memfasilitasi UMKM Joglosemar go-digital dan mengajak mereka dalam ekosistem , UMKM menjadi punya peluang yang kian beragam. Dia mengaku fitur-fitur yang dikembangkan platform ini memiliki kapabilitas yang mampu membantu UMKM Indonesia, termasuk yang berada di Joglosemar, untuk makin adaptif dengan dinamika era digital.

“UMKm juga agar semakin responsif terhadap perilaku konsumen yang kian mengadopsi budaya transaksi nontunai, makin kompeten dalam pengelolaan transaksi, dan tentunya makin punya daya saing,” ujar Vince.

Terkait kegiatan-kegiatan Dana seperti Roadshow Siap Digital di Yogyakarta dan Magelang, Masterclass Komunitas Dana Bisnis di Yogyakarta, IKM Go Digital bersama Kementerian Perindustrian di Yogyakarta dan Solo, serta Pelatihan untuk UMKM perempuan di Semarang bersama Kemenkomarves, Chief People & Corporate Strategy Officer Dana, Agustina Samara mengatakan bahwa momentumnya sangat tepat dengan Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada 20 Mei. “Melalui Temu Komunitas #BersamaDana, kami juga ingin terus mengedukasi sekaligus mengobarkan semangat para pelaku UMKM Joglosemar untuk tetap berkomitmen mengembangkan bisnisnya ," ujar Agustina.

Agustina menambahkan, jumlah UMKM di Yogyakarta yang telah go digital dan bergabung bersama Dana Bisnis sudah mencapai lebih dari 6ribu. Adapun UMKM di Jawa Tengah yang telah bergabung lebih dari 30 ribu. Ini menggambarkan banyaknya UMKM di wilayah Joglosemar yang telah mengadopsi transaksi digital dalam aktivitas usahanya.

Dana optimistis jumlah tersebut akan bertambah banyak mengingat saat ini terdapat lebih dari 400 ribu UMKM di wilayah ini. Potensi ekonomi digital yang berpeluang dikontribusikan juga sangat besar jika menengok banyaknya UMKM yang bergerak di bidang pariwisata, batik, kerajinan kriya hingga kuliner.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)