Data Center Jadi Bisnis Baru Grup Lippo

Data center memang menjadi perhatian saat ini. Apalagi semenjak diberlakukannya PP 82 mengenai kedaulatan data menjadikan Indonesia sebagai pasar yang menggairahkan. Grup Lippo menjadi salah satu yang tertarik untuk berkecimpung dalam bisnis ini. Bersama dengan perusahaan Mitsui, Lippo Group menggelontorkan dana Rp400 miliar untuk mendirikan usaha data center GTN.

img_20161116_111604-1000x750-600x450

Berdiri di atas tanah seluas 15.000 meter persegi, saat ini GTN Data Center telah siap dengan fasilitas tahap awal berupa bangunan dua lantai dengan kapasitas 2.000 rak server untuk memenuhi kebutuhan pengguna dari berbagai sektor industri. Secara bertahap GTN Data Center akan dikembangkan hingga 40.000 meter persegi dengan lebih dari 20.000 rak, yang menjadikannya sebagai data center terbesar di Indonesia.

GTN Data Center memiliki sistem keamanan teruji dari SECOM, yang merupakan standar bagi sistem keamanan di Jepang. Bentuk teknologi hijau/ramah lingkungan yang diterapkan di GTN Data Center adalah cold aisle containment system (CACS).

Model ini merupakan suatu desain data center dengan tata ruang untuk rak-rak server berbentuk lorong-lorong, di mana udara dingin dihembuskan secara kontinyu ke setiap lorong, untuk membuang panas yang dihasilkan dari kumpulan server tersebut. Tujuannya adalah untuk menghemat energi dan menurunkan biaya pendinginan.

“Dengan perkembangan data di Indonesia yang begitu pesat, kami menargetkan akan menjual 100 rak sampai dengan akhir tahun ini,” ujar Richard Kartawijaya, CEO Graha Teknologi Nusantara.

Selain itu pemanfaatan water chilled cooling system mampu menghemat konsumsi listrik 10% hingga 15% lebih rendah dibandingkan dengan pendingin udara konvensional.

GTN Data Center juga memanfaatkan DRUPS (Dynamic Rotary Uninterruptible Power Supply) yang bekerja tanpa menggunakan baterai sehingga menjamin bebas limbah beracun pada pengoperasiannya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)