Technology

Deal Seeker Jadi Strategi Lenovo untuk Pasarkan Smartphone

Deal Seeker Jadi Strategi Lenovo untuk Pasarkan Smartphone

Kurang dari 60 hari pasca meluncurkan smartphone seri A6000, kini Lenovo kembali menambah daftar smartphone yang masuk ke pasar Indonesia yaitu A7000. Menurut MBG Marketing Manager Lenovo Indonesia, Miranda V. Waroka, A700 ini memiliki perbedaan dengan seri A lainnya yakni pada fitur suara yang menggunakan Dolby Atmos.

Miranda mengklaim, Lenovo A7000 adalah smartphone pertama di dunia yang menampilkan teknologi baru dolby atmos, teknologi yang selama ini hanya digunakan di bioskop atai hone theater. Teknologi dolby atmos yang dipadukan dengan layar HD 5.5” dan prosesor MediaTek 4G LTE True8Core, membuat pihak Lenovo yakin smartphone mereka akan meraih sukses di pasaran, “Karena fokus kami adalah pada pengalaman yang berbeda bagi pengguna produk kami,” ujar Miranda.

Untuk penetrasi pasar perdana, A7000 akan dipasarkan secara online, “Kami menggandeng Lazada untuk memasarkan unit perdana,” jelas Adrie R.Suhadi, Indonesia Sales Lead Lenovo Smartphone. Tetapi Adrie enggan menyebutkan berapa jumlah unit yang akan dilepas lewat situs belanja nomor satu itu, “Yang pasti kami sangat agresif sola jumlah, belajar dari suksesnya A6000 kemarin kami sangat optimis yang A7000 ini kan bisa mengulang sukses yang sama atau bisa lebih baik, “ ujar Adrie optimis, “Pokoknya untuk penawaran perdana, jumlahnya terbatas dan tentu dengan penwaran harga yang menarik,” jelasnya.

Seri baru smartphone Lenovo itu nantinya akan dipasarkan dengan harga Rp 1,9 juta. “Kami pakai strategi deal seeker, jadi yang di Lazada itu kami tawarkan dengan harga yang lebih murah, tetapi terbatas jumlah dan waktunya,” ungkap Adrie.

Semenetara itu, Sebastian Sieber, CMO Lazada Indonesia, mengatakan selain di Indonesia, pihaknya siap memasarkan produk baru Lenovo ini ke lima negara lain di Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam dan Filipina. “Untuk Indonesia sendiri kami sudah mengcover hampir 90 % area di Indonesia, sehingga kami pastikan pemesana dari mana pun dapat kami layani pengirimannya, “ ujar Sebastian yakin.

Agar pengguna dapat memanfaatkan Lenovo A7000 dengan fitur-fitur hiburannya maka Lenovo menggandeng Telkomsel untuk melakukan bundling koneksi internet yang cepat dengan harga terjangkau. Basuki Ebtayani, GM Device Bundling & Customization Strategy Telkomsel mengatakan pihaknya optimis kerjasama dengan Lenovo akan memberika profit yang baik mengingat, Lenovo adalah salah satu pemain smartphone kelas menengah yang pertumbuhannya cukup agresif, “Smartphone mereka penjualannya bisa tumbuh samapai 135 % YoY, maka kami yakin untuk menyetujui kerjasama ini,” jelas Basuki.

Kerja sama tersebut adalah, layanan paket data Rp 150 ribu untuk 4,5 GB, diberikan kepada pengguna Lenovo A7000 dengan harga Rp 30 ribu. “Promo ini berlaku samapai tiga kali pembelian,” jelas Basuki. Menurut Basuki, Telkomsel memang agresif dalam menggarap pasar bundling device sebab, dari pasar ini memberikan kontribusi cukup besar, “60-70 % kontibusi sales paket data Telkomsel datang dari bundling device ini, “ ungkap Basuki.

Tetapi jika ditilik lebih jauh produk A7000 masih memiliki kekurangan, baik pelindung layar atau teknologi prosesornya. Menurut Miranda, itulah produk strategi mereka, “Kalau kami pakai semua maka produk kami akan naik ke kelas hig end, jadi produk yang ada sekarang itu memang sesuai dengan kelasnya yakni kelas menengah,” jelas Miranda. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved