Dengan Microsoft Word 2013, Edit PDF Lebih Mudah

Kabar baik bagi pengguna Microsoft Office Word yang juga kerap bekerja mengedit file Portable Document Format (PDF). Pasalnya, versi terbaru Microsoft Office Word 2013 memungkinkan pengguna mengedit dokumen PDF tanpa instalasi aplikasi lain seperti Adobe Creator atau PDF converter.

Sejak Word 2007, Office sudah menyediakan fasilitas “Save As PDF” untuk menyimpan dokumen Word ke dalam format PDF. Format ini biasanya digunakan supaya pembaca tidak dapat mengubah isi dokumen. Oleh karena itu, untuk mengedit sebuah file PDF, biasanya pengguna Microsoft Office harus menginstal Adobe PDF Creator atau aplikasi converter lain. Hal tersebut tidak perlu dilakukan lagi dengan Microsoft Word 2013. Pengguna dapat membaca file PDF dengan Word 2013 bahkan mengubah isi dokumen tanpa mengkhawatirkan tatanan yang berantakan. Caranya pun cukup mudah. Klik kanan file PDF yang ada, geser pointer ke opsi “Open with”, kemudian pilih Microsoft Word 2013.

Saat SWA Online menjajal fitur ini, memang beberapa penempatan kata terutama yang terkait spasi di Word sedikit berbeda dibanding dokumen aslinya. Namun bila dibandingkan hasil konversi dengan aplikasi converter selain Adobe PDF Creator, hasilnya cukup memuaskan. “Ini adalah fitur baru Microsoft Word 2013 yang paling keren,” kata Arthur Renaldy, Solution Specialist Microsoft Indonesia, Selasa (8/1).

Arthur Renaldy Arthur Renaldy

Word 2013 juga mempermudah penggunanya dalam mengatur lay out dan alignment dengan garis bantu berwarna hijau. Garis tersebut muncul ketika pengguna mengatur posisi suatu gambar terhadap teks, misalnya, di tengah dan tepian gambar hingga ke ujung jendela dokumen.

Bagi pengguna yang kerap memanfaatkan Microsoft Word untuk mereview suatu dokumen, beberapa fitur baru Word 2013 akan sangat bermanfaat. Microsoft Word memungkinkan pengguna menuliskan komentar di setiap detil dokumen yang di highlight. Pada Word 2013, fitur tersebut dikembangkan dengan munculnya foto pengguna dan kemudahan membalas serta membaca komentar.

Fitur Track Changes juga merupakan fitur baru di Word 2013. Dengan fitur tersebut, pengguna dapat mengetahui bagian mana saja yang telah diubah. Word akan memunculkan garis merah pada baris yang sudah disunting tersebut.

Read Mode dan Resume Reading merupakan dua fitur baru Word 2013 yang menguntungkan pengguna yang memanfaatkan Word untuk membaca dokumen saja. Read Mode mampu mengubah tampilan dokumen menjadi flow text mengikuti lebar perangkat. Ketika pengguna membaca dokumen di halaman tertentu dan menutupnya, Word 2013 akan merekam halaman tersebut. Saat pengguna membuka kembali dokumen itu, Word 2013 akan menanyakan apakah pengguna hendak melanjutkan membaca halaman yang terakhir di akses atau memulai dari halaman awal. Itulah yang disebut Resume Reading. (EVA)

Leave a Reply

2 thoughts on “Dengan Microsoft Word 2013, Edit PDF Lebih Mudah”

Bagus fiturnya yah, jadi ga perlu tool tambahan dong buat edit pdf, sayang sy masih pake versi 2007 *dobel ga yah komen sy, putus tadi koneksinya*
by Linda, 26 Feb 2014, 12:22
Asyyiiiikkkk Harapan baru nih bagi pengguna PDF yang ingin/butuh mengganti ke mc word
by Ani Murniati, 09 Jan 2013, 21:54

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)