Diesel Hybrid Pertama di Segmen Low MPV

Di segmen low MPV, New Ertiga Diesel Hybrid mungkin yang pertama menggunakan mesin diesel. Mobil baru yang diluncurkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS ini) mengusung mesin berkode D13A, 1300cc DOHC serta menggunakan teknologi DdiS (Diesel Direct Injection System). Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 89 PS pada 4.000 rpm serta torsi 200 Nm pada 1.750 rpm. System Hybrid baru yang disematkan pada mesin ini efisien dan hemat bahan bakar.

Menurut Harodl Donnel, Head of Brand Development & Marketing Research 4W, teknologi Hybrid Suzuki adalah teknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) yang dikembangkan Suzuki dimana saat mesin bekerja normal, akan mengisi baterai lewat teknologi Integrated Starter Generator (ISG). Teknologi ini memiliki dua fungsi yang berbeda, yakni sebagai generator untuk menangkap dan menyimpan energi ke baterai saat mobil dalam fase deselerasi (perlambatan) dan yang lainnya ialah sebagai motor yang akan memberikan tamnbahan daya ke mesin saat berakselerasi. Efek yang ditimbulkan mesin lebih halus pada saat restart dan konsumsi BBM pun irit dibanding mesin konvensional. ”Dari tes jalan yang dilakukan di BT2MP-BPPT pada Januari 2017 lalu, konsumsi BBM new Ertiga Diesel Hybrid mencapai 22,6 km/liter,” katanya.

Teknologi SHVS digunakan pertama kali pada 2014 lalu, juga melalui mesin diesel yang di aplikasi pada sedan kelas menengah Suzuki Ciaz, kemudian menyusul pada Suzuki Ertiga di tahun 2015. Keunggulan teknologi SHVS ialah, pertama, sistem pengereman yang bekerja pada prinsip regeneratif, di mana gerak kinetik yang menghasilkan panas dari sistem pengereman akan dikonfersi menjadi energi listrik lalu disimpan dalam baterai mobil. Kedua, penggunaan Integrated Starter Generator (ISG) yang menjadi sumber tenaga tembahan yang disalurkan pada mesin saat mobil ketika berakselerasi, efeknya penggunaan bahan bakar jadi lebih hemat.

Fitur andalan lain pada Suzuki Ertiga Diesel Hybrid diesel ialah idle start/stop (ISS), di mana teknologi ini akan bekerja mematikan dan menghidupkan mesin. Mesin akan mati ketika tidak bekerja. Misalnya, saat mobil berhenti di lampu merah, atau terjebak di lalulintas yang macet. Dan, akan aktif kembali ketika pengemudi menekan pedal kopling mobil.

Setelah Jakarta, New Ertiga Diesel Hybrid akan diluncurkan di 10 kita besar lainnya diantaranya : Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Makassar, bandung, lampung, Denpasar, Medan, Palembang dan Pekanbaru, mulai tanggal 10 Februari hingga 11 Maret 2017 mendatang.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)