Digitalisasi UMKM Jadi Misi Penting Startup Ini Tahun 2020

Youtap Indonesia yang berdiri tahun 2020 menutup akhir tahun dengan sejumlah pencapaian positif. Solusi digital bagi pelaku usaha ini telah memproses lebih dari 2,5 juta transaksi dan diadopsi oleh lebih dari 100 ribu pelaku usaha.

Startup ini telah berhasil menjalin kerja sama dengan banyak mitra strategis, seperti LinkAja, Shopeepay, BRI, Cashbac, Kredivo, dan lainnya. Youtap bersama mitra penerbit juga mendukung implementasi standardisasi QRIS. Selain digunakan oleh ratusan merchant berskala UMKM, layanan Youtap juga sudah diadopsi merchant di skala enterprise besar seperti McDonalds, Solaria, dan AstraPay. 

Tercermin melalui data internal, jumlah merchant yang tergabung dalam ekosistem digital Youtap meningkat 15 kali lipat di semester kedua jika dibandingkan dengan semester pertama 2020. Data ini menunjukkan adanya eskalasi pelaku usaha terutama UMKM untuk go digital. Bahkan, 40% dari merchant Youtap didominasi oleh sektor kuliner seperti tempat makan dan kedai kopi.

CEO Youtap Indonesia, Herman Suharto mengatakan, pihaknya melihat tantangan pandemi sebagai motivasi untuk meningkatkan kinerja serta kualitas layanan dalam mendukung para merchant.

“Salah satunya, kami bermitra dengan McDonald's. Youtap mendukung sistem layanan pemesanan dan pembayaran pada layanan drive thru menggunakan tablet dari Youtap, sehingga konsumen dapat melakukan pemesanan makanan yang aman sambil menunggu dari kendaraannya masing-masing,” jelas Herman dalam diskusi media virtual, (22/12/2020).

Youtap adalah platform solusi bisnis di Indonesia yang fokus pada upaya menghadirkan solusi bisnis berbasis digital untuk para merchant (merchant-centric). Youtap menghadirkan platform solusi bisnis di antaranya platform proses penerimaan transaksi non-tunai e-money dengan skala real-time, digital banking, dan platform point-of-sale untuk pertumbuhan cepat pasar. Berbagai solusi bisnis yang dihadirkan oleh Youtap Indonesia untuk para merchant meliputi proses transaksi dan metode pembayaran non-tunai, laporan dan pembukuan, analisa penjualan, pengelolaan inventori, serta berbagai manfaat dan solusi bisnis lainnya. 

Selain melalui teknologi, upaya digitalisasi UMKM digalakkan Youtap juga dilakukan melalui langkah edukasi, di antaranya bekerja sama dengan Pemkot Semarang, Bandung, dan Medan termasuk kolaborasi dengan DInas UMKM masing-masing daerah.

Dengan total merchant yang didominasi oleh 98% para pelaku UMKM, pengguna Youtap tersebar di 411 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. Jumlah ini meningkat sebesar dua kali lipat dibandingkan semester pertama yakni 139 kota dan kabupaten. Pengguna Youtap dapat ditemui hingga di area Indonesia Timur seperti Nabire, Donggala dan Manokwari. Adapun Bandung merupakan kota dengan dengan jumlah merchant Youtap terbanyak, sebesar 12%, disusul Semarang di peringkat kedua sebanyak 9%, dan Surabaya sebesar 7%.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)