Domain .Net Genap Berusia 30 Tahun

Resmi diluncurkan sejak tahun 1985, tahun ini domain .net genap berusia 30 tahun. Sebagai salah satu domain paling populer di dunia sekaligus domain yang mengawali munculnya Internet yang kita kenal hari ini, domain .net terbukti terus bertumbuh menjadi salah satu tempat yang tepat bagi pebisnis untuk menjadi magnet bagi konsumen. Dengan berbagai keunggulan dan pencapaiannya, domain .net terus menjadi bagian integral dari aktivitas online hari ini.

Domain .net adalah salah satu domain tingkat atas/generic top-level domain (gTLD) kedua terbesar setelah domain .com, dengan sekitar 15 juta nama domain .net yang resmi terdaftar. Sebagai perbandingan, jumlah tersebut setara dengan kombinasi jumlah populasi Los Angeles, Barcelona, Paris, dan Hong Kong. Secara global, domain .net telah terpasang di lebih 200 negara dan tersedia dalam lebih dari 400 bahasa. Jumlah ini tentunya akan terus bertumbuh seiring dengan fitur dan keunggulan yang dimiliki oleh domain .net.

Di samping itu, domain .net juga memiliki beberapa kesamaan dengan domain .com. Kedua domain tersebut dibuat pada hari yang sama, yaitu pada tanggal 1 Januari 1985. Sama-sama ditenagai oleh Verisign, keduanya dioperasikan dengan 100% kehandalan DNS selama hampir 20 tahun. Terbukti, kedua domain ini terus dipercaya oleh pengguna sebagai  medium yang tepat untuk berbagai fungsi dan tujuan, termasuk komunikasi, perdagangan, dan bahkan hiburan.

Ditinjau dari perspektif bisnis, domain .net merupakan salah satu ekstensi nama domain dengan nilai komersil tinggi di aftermarket, sebuah pasar tempat penjualan maupun pembelian nama domain yang sudah teregistrasi. Data menunjukkan bahwa domain .net memiliki penjualan gTLD terbesar di aftermarket setelah domain .com. Rata-rata nilai jual domain .net di aftermarket berkisar 1.850 dollar Amerika atau sekitar 24 juta rupiah. Namun, hingga saat ini penjualan domain .net tertinggi diraih oleh mobile.net dengan nilai jual sebesar 500.000 dollar Amerika atau sekitar 6,5 milyar rupiah.

Verisign, perusahaan global dalam nama domain dan keamanan Internet, memampukan navigasi Internet bagi banyak domain terkenal serta menyediakan perlindungan bagi situs Internet dan perusahaan di seluruh dunia. Layanan keamanan Verisign meliputi Distributed Denial of Service Protection berbasis intelijen, iDefense Security Intelligence, dan Managed DNS. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)