Dony Koesmandarin Kenalkan Kaspersky Lab di Indonesia

Ancaman terbesar dari malware bagi pengguna internet adalah peretasan akun online. Peretasan akun dan pencurian informasi rahasia adalah kecemasan terbesar para pengguna internet, adapun ancaman finansial juga menjadi tujuan dari malware.

Riset Kaspersky Lab menunjukkan bahwa pengguna kini mulai fokus terhadap privasi digital. Di tahun 2015, sebanyak 70 persen pengguna internet mulai peduli terhadap data personal yang mereka share di internet. 61 persen pengguna juga mulai sadar terhadap program yang mengambil data/informasi dirinya. Kemudian, 49 persen pengguna khawatir bahwa seseorang telah mengakses webcam mereka secara remote.

kasperisky

Untuk mengantisipasi cyber crime atau kejahatan dunia maya tersebut, Dony Koesmandarin, Territory Channel Manager Kaspersky Lab, memberi tips, yaitu users perlu melakukan install dan update anti virus, install personal firewall, selalu me-back up data, mengaplikasikan OS (Operating System), menggunakan plain text email, hati hati dengan attachment yang dapat di eksekusi. Selain itu pengguna harus menggunakan password yang bervariasi dan sesering mungkin mengganti password dengan banyak kombinasi, dan tidak membalas spam di email serta tidak menggunakan unsubcribes links.

Kaspersky Lab adalah perusahaan keamanan cyber global yang didirikan pada tahun 1997. Dony sendiri bergabung pada tahun 2010. Berlatar belakang pendidikan Komputer di Universitas Gunadarma pada tahun 1997, ia mendapatkan kesempatan untuk berkarir pada sebuah perusahaan manufacturing. Pada saat itu ia dituntut untuk membangun semua sistem dari awal, baik infrastruktur maupun aplikasi yang terintegrasi.

“Selanjutnya karena ingin mendapatkan tantangan yang lebih variatif akhirnya pada tahun 1999 saya putuskan untuk bergabung dengan perusahaan SI (system integrator) dimana perusahaan ini memiliki banyak sekali customer baik dari sisi manufacturing, service provider, banking dan yang lainnya, yaitu PT Inovasi Lintas Media. Baru akhirnya ke Kaspersky,” ungkapnya.

Sebagai seorang territory manager ia harus memastikan seluruh proses bisnis dan pengembangan bisnis di Indonesia berjalan baik. Menurutnya Indonesia memiliki area yang sangat luas, sehingga ia harus bisa menentukan strategi yang tepat agar produk Kaspersky Lab dapat dikenal hingga ke seluruh pelosok Indonesia dan dapat memberikan dukungan kepada seluruh customer di Indonesia.

Untuk terus meningkatkan skill, ia mengatakan kuncinya adalah belajar, belajar dan belajar serta meng-update pengetahuan saya setiap saat. Targetnya adalah ingin membuat Kaspersky Lab menjadi produk Anti-Virus No.1 di Indonesia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)