DSLR Canon Kuasai Pasar Menengah Ke Bawah

Ketika perusahaan pembuat kamera seperti Sony dan Olympus tertarik untuk mengembangkan kamera Mirrorless, Canon terus membuat strategi untuk mengembangkan camera DSLR (Digital Singel Lense Reflect).” Canon tidak ada di segmen kamera mirroless. Namun untuk di segmen DSLR-nya kita tetap leading,” kata Direktur Divisi Canon PT Datascrip, Merry Harun.

Disebutkan jika Canon akan tetap fokus pada level bawah dan atas. Di level bawah ada Canon EOS M10 yang berada dibawah jenis Mirrorless. Menurutnya, pangsa pasar menengah ke bawah dikuasai Canon untuk jenis kamera DSLR sebesar 55-56 persen. Untuk menyasar level atas, Canon merilis kamera DSLR Canon EOS 1DX Mark II. Kamera penerus dari EOD 1DX , yang didukung dengan GPS dan perekaman video dengan resolusi 4K.

Canon EOS 1DX Mark II ini memiliki emampuan membidik gambar yang bergerak dengan kecepatan tinggi. Bahkan mampu membidik gambar hingga 14 frame per detik dalam mode live view. Selain itu kamera tersebut juga memiliki mode view finder dengan aperture 12 frame per detik. Kamera ini ditujukkan untuk para profesional. “Targetnya fotografer yang memang running di highspeed, seperti jurnalis olahraga,” katanya.

DSLR Canon 1DX Mark-II (Doc Kompas.com) DSLR Canon 1DX Mark-II (Doc Kompas.com)

Tak hanya itu, Untuk menghadirkan hasil bidikan gambar yang berkualitas, Canon menempatkan sensor full frame CMOS 35mm dengan resolusi cukup tinggi, yakni 20,2 megapiksel dan IOS mencapai 409.600. Pengguna pun dapat membidik gambar berformat JPEG dan RAW tanpa batas dalam mode continous shooting, karena mendukung slot kartu memori Cfast 2.0.

Dengan mengusung sistem AF (auto focus) dengan total 61 titik fokus yang mencakup 41 titik fokus silang atau cross type, cakupan area fokus yang disuguhkan kamera ini pun juga lebih luas, yakni mengalami peningkatan lebar 24 persen. Sedangkan untuk kebutuhan perekaman video, kamera ini telah dilengkapi dua prosesor DIGIC 6+. Mengenai harga, Canon EOS 1DX Mark II ditawarkan dengan harga yang cukup premium, Rp 82 juta untuk body only. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)