Dukung Melek Internet di Pedesaan, Indosat MoU dengan Parade Nusantara

Alexader Rusli (Presiden Direktur Indosat) dan Ketua Parade Nusantara Sudir Santoso SH, MH. Alexader Rusli (Presiden Direktur Indosat) dan Ketua Parade Nusantara Sudir Santoso SH, MH.

Guna mendukung makin terjangkaunya layanan internet hingga ke pedesaan Indosat, menandatangani Nota Kesepahaman Bersama atau MoU dengan Parade Nusantara (Persatuan Rakyat Desa Nusantara). Selepas penandatangan MoU layanan internet.org bagi masyarakat pedesaan bukan lagi hal sulit. Penandatanganan dilakukan oleh Presiden Direktur  Indosat, Alexander Rusli dan Ketua Parade Nusantara, Sudir Santoso SH, MH.

Internet.org adalah sebuah inisiatif dari Facebook yang bertujuan untuk membuat akses Internet tersedia bagi dua pertiga populasi dunia yang belum terhubung dengan Internet. Di Indonesia, Indosat adalah operator pertama yang menyediakan akses Internet mudah tanpa pulsa bagi masyarakat Indonesia. Indosat menyediakan akses Internet tanpa pulsa melalui layanan internet.org baik untuk pelanggan IM3 & Mentari (prabayar) maupun pelanggan Matrix (paskabayar).

Sedangkan, Parade Nusantara sebagai organisasi kemasyarakatan yang mayoritas anggota dan pengurusnya adalah masyarakat pedesaan dengan pilar penyangganya adalah aparatur pemerintahan (kepala desa, perangkat desa, mantan kepala desa, mantan perangkat desa, serta Badan Permusyawaratan Desa) kebutuhan akses internet merupakan hal penting bagi mereka juga, terutama meningkatkan pengetahuan mereka.

Tujuan kerja sama ini, guna mendukung kemudahan akses internet melalui layanan internet.org bagi masyarakat pedesaan di seluruh pelosok nusantara mendorong mereka bisa mendapatkan serta berbagai informasi di Internet untuk berbagai kebutuhan dasar mereka seperti informasi kesehatan, pendidikan, media sosial untuk komunikasi, dan berita. Tidak hanya itu, kerjasama ini juga bertujuan untuk membuka koneksi secara digital/online antar Kepala Desa yang tergabung dalam Parade Nusantara, untuk bisa saling berkoordinasi, sharing informasi dan lain-lain secara virtual atau melalui dunia maya.

”Ini merupakan dukungan dan komitmen kami agar masyarakat desa dapat turut menikmati manfaat ICT guna meningkatkan kualitas hidup mereka. Berbagai informasi yang dapat diakses melalui layanan internet.org kami harapkan dapat mendorong masyarakat desa mendapatkan askes yang lebih luas, menggali berbagai potensi mereka, termasuk potensi sosial dan ekonomi, yang pada akhirnya dapat memunculkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan mereka secara lebih luas,” ujar Alex.

Sudir menambahkan, kerjasama dengan Indosat  yang akan memberikan kemudahan akses internet bagi masyarakat desa ini, diyakini dalam membuka jendela dunia bagi mereka sehingga tingkat melek internet di pedesaan bisa meningkat. “Kami berharap kerjasama ini akan menjadi bagian dari upaya kami untuk terus berjuang meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan,” tuturnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)