Solusi Baru Schneider Electric untuk Edge Data Center

Schneider Electric, perusahaan multinasional yang bergerak di bidang automasi dan pengelolaan energi, melalui Schneider Electric IT Indonesia menyelenggarakan acara bertajuk "Schneider Electric IT Solution Day" (17/5). Perhelatan rutin tiap tahun itu mengambil tema "Mission Possible : Finding the Perfect Infrastructure for your Edge Data Center". pada 2016 ini. Selain mengadakan diskusi panel mengenai tema tersebut, Schenider Electric juga memamerkan rangkaian solusi-solusi yang ditawarkan untuk permasalahan terkait seperti sistim Uninterruptible Power Supply, Software Management, serta Micro Data Center. Astri R. Dharmawan, Vice President Schneider Electric IT Indonesia, Malaysia, and Brunei menjelaskan bahwa dalam acara ini, Schneider Electric menjelaskan pentingnya memiliki infrastruktur yang mendukung bisnis untuk tetap kompetitif dalam hal pengelolaan data ditengah pertumbuhan tren Internet of Things (IoT) yang pesat.

Schneider Electric

IoT sendiri adalah istilah yang digunakan untuk memberi definisi bagi jaringan objek fisik apapun yang saling terhubung melalui perangkat elektronik, sensor perangkat lunak, maupun jaringan internet yang memungkinkan objek-objek fisik tersebut untuk mengumpulkan dan bertukar data. Melihat dari deskripsi IoT dan kondisi dewasa ini, nampaknya IoT sudah menjadi hal yang umum ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini disetujui oleh Astri. Dia berpendapat bahwa makin banyaknya data yang terhubung melalui jaringan internet, kebutuhan infrastruktur yang kokoh untuk memfasilitasi lalu lintas digital juga meningkat. "Ledakan Big Data akibat pertumbuhan IoT adalah hal yang tidak bisa dihindari, sudah saatnya perusahaan secara proaktif mentransformasi data center dan seluruh teknologi pendukung yang dimilikinya untuk mengurangi latency sehingga tetap dapat beroperasi secara efisien, fleksibel, dan aman," ujarnya.

Solusi yang ditawarkan oleh Schneider Electric untuk permasalahan tersebut adalah penggunaan Edge Data Center untuk tingkat perusahaan. Edge Data Center adalah istilah untuk mendefinisikan jenis data center yang berada di tier-1, kasta tertinggi Data Center. Masalahnya, penggunaan Data Center di kelas wahid berarti juga menuntut perusahaan untuk memiliki infrastruktur IT yang sangat baik; terutama dalam hal pengelolaan energi dan sistem keamanan.

Untuk itu, Schneider Electric bersamaan dengan diselenggarakannya event tersebut juga meluncurkan produk-produk pendukung Data Center. Salah satu produk yang menarik adalah Prefabricated Data Center. Produk ini adalah solusi data center yang tidak membutuhkan infrastruktur sipil (bangunan) karena disediakan dalam kontainer yang bisa dipindahkan. Karena tempatnya yang berada dalam kontainer metal, Data Center ini dapat diletakan di luar ruangan tanpa membutuhkan konsumen untuk membangun gedung tersendiri untuk penempatannya. Selain itu perusahaan tersebut juga meluncurkan produk Uninterruptable Power Supply yang didesain untuk mencegah downtime pada sistem. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)