Eko-B2B Permudah Transaksi Pembayaran B2B di Asia Pasifik | SWA.co.id

Eko-B2B Permudah Transaksi Pembayaran B2B di Asia Pasifik

McKinsey, perusaahan konsultan global, merilis 90% dari pembayaran Business to Business (B2B) di kawasan Asia Pasifik masih dilakukan dengan cara tunai. Hal ini memperlihatkan besarnya peluang untuk mendigitalisasi sistem pembayaran tersebut. Perluasan jaringan pelanggan dan pemasok di seluruh pasar, pertumbuhan transaksi lintas negara (cross-border) dan besarnya Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakan alasan utama yang mendorong pertumbuhan pembayaran B2B di wilayah tersebut.


Didasari adanya peluang yang besar dalam sektor pembayaran B2B serta perlunya membantu mendigitalisasi transaksi dalam bisnis tersebut, Mastercard mengumumkan kemitraanya dengan Eko-Pay untuk memperkenalkan Eko-B2B untuk para pelaku usaha di kawasan Asia Pasifik. Platform ini menyediakan solusi pembayaran otomatis bagi para pelaku usaha dan mengefisiensi alur kerja serta meningkatkan produktivitas dalam transaksi pembayaran. Eko-B2B terintegrasi dengan platform inControl milik Mastercard untuk memfasilitasi pelayanan bisnis, mengurangi inefisiensi dan meningkatkan transaksi.

Hal ini dimungkinkan karena portal web dari vendor dan pemasok akan mengakses rincian pembayaran saat itu juga dan history rincian pembayaran sebelumnya setiap saat. Platform ini juga memiliki dashboard yang dapat melacak statistik kinerja bisnis mereka, mengurangi kebutuhan dan kerumitan sistem-sistem pembayaran manual serta inefisiensi operasional.
Jean Pierre Gagnon, Chief Executive Officer Eko-Pay, menyatakan, “Eko-Pay sangat senang bekerja sama dengan Mastercard dalam menyediakan solusi pembayaran yang menjembatani kesenjangan (gap) utama dalam lingkup pembayaran B2B.” Pihaknya menambahkan bahwa seluruh platform dirancang dengan kemudahan untuk memungkinkan adopsi yang cepat melalui jaringan bisnis lokal dan internasional dan menyediakan solusi pembayaran yang lebih baik. Eko-Pay menawarkan alternatif pengelolaan proses on boarding pemasok bagi para pelaku usaha yang memungkinkan mereka mendapatkan keuntungan dari solusi pembayaran B2B dalam waktu sesingkat mungkin.

Saat ini banyak pelaku usaha yang terkoneksi dengan jaringan pemasok di berbagai negara. Hal tersebut dikarenakan adanya keinginan untuk berkembang di pasar global. Namun, masih banyak perusahaan yang bergantung dengan cara pembayaran tradisional dalam proses transaksi bisnis mereka. Transaksi ini menyebabkan terbuangnya waktu dan penggunaan sumber daya yang tidak diperlukan. Bagi perusahaan yang telah mengadopsi solusi pembayaran digital, mereka seringkali menghadapi resistensi dan tantangan dari jaringan pemasok dan vendor dalam menerapkan proses pembayaran teranyar tersebut.

“Melalui kemitraan dengan Eko-Pay untuk menawarkan solusi pembayaran yang sepenuhnya otomatis dan memungkinkan mereka menikmati peningkatan efisiensi dan penghematan biaya secara real-time dengan menggunakan solusi pembayaran digital, kami ingin memecahkan permasalahan kunci yang dihadapi oleh perusahaan B2B tersebut.” ujar Nagesh Devata, senior vice-president, Acceptance and Merchant Development, Asia Pasifik, Mastercard.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
ANJ
Austindo Mengolah Limbah Kelapa Sawit Menjadi Energi Listrik

Sebagai perusahaan agribisnis, terutama perkebunan kelapa sawit, PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ) sudah menggunakan energi terbarukan. Yaitu, memanfaatkan cangkang...

Close